STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT BLUE BIRD DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN TAKSI ONLINE DI MAKASSAR

  • Amriadi Amriadi Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Makassar
  • Fatma Fatma Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Makassar
  • Muh. Resa Yuldianto Suldani Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Komunikasi Pemasaran, Marketing Mix, Taksi Blue Bird, Taksi Online

Abstract

Tingginya kebutuhan terhadap sarana transportasi di kota Makassar berdampak pada persaingan pelayanan oleh berbagai perusahaan yang bergerak di bidang transportasi misalnya taksi, dikota Makassar. Kehadiran taksi online berimbas kepada taksi konvensional. Murahnya harga yang diberikan dan kemudahan dalam mengaplikasikan moda transportasi online seperti Maxim, Gojek, dan Grab. Taksi konvensional seperti Blue Bird mengalami pengurangan penumpang sejak tahun 2016, pasca hadirnya layanan taksi online. Munculnya transportasi taksi online, mau tidak mau taksi Blue Bird harus buat strategi baru demi bersaing dengan taksi online. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan PT Blue bird melalui bauran pemasaran dengan cara yaitu promosi melalui pengemudi. Dalam membangun Brand image pihak PT Blue Bird menglasifikasikan dalam beberapa poin yaitu ketepatan waktu dalam penjemputan tamu, system argo yang baik, kebersihan mobil, penampilan sopir/karyawan yang menarik, perlakuan sopir yang menanggapi permintaan penumpang secara baik, ketepatan arah atau jalur dalam mengantarkan penumpang ketempat tujuan. Strategi pemasaran PT Blue Bird dalam menghadapi persaingan dengan taksi online yakni meluncurkan aplikasi baru yang diberi nama My Blue Bird dan juga bekerja sama dengan Gojek melalui layanan Go Bluebirds.

References

Darmawan, D. (2004). Setyaningsih,”. Pengaruh Citra Merek Terhadap Efektivitas Iklan Jurnal.

Firmansyah, A. (2020). Komunikasi pemasaran. Pasuruan: Qiara Media. Pasuruan

Gunawan, R. I., & Djuwita, A. (2021). Upaya Pt. Indojaya Lima Abadi Dalam Membangun Brand Image Perusahaan. eProceedings of Management, 8(5).

Kotler, P., Nebenzahl, I. D., Lebedenko, V., Rainisto, S., Gertner, D., Clifton, R., ... & Aaker, D. (2004). Where is place branding heading?. Place branding, 1(1), 12-35.

Kotler, P., Jatusripitak, S., & Maesincee, S. (1997). The marketing of nations: A strategic approach to building national wealth. Free Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). A framework for marketing management (p. 352). Boston, MA: Pearson.

Nurdyansa, Nurdyansa. (2018). Strategi Public Relations Para Pengusaha Hotel dalam Menyikapi Larangan Pegawai Negeri Sipil Rapat di Hotel di Kota Kendari. 10.13140/RG.2.2.32667.75046.

Prisgunanto, I. (2018). Implementasi Promosi Bauran Komunikasi Pemasaran Kartu Kredit Di Indonesia (Studi Deskriptif Bank Mandiri, HSBC, Citibank, BCA dan BNI): Ilham Prisgunanto. Commed: Jurnal Komunikasi dan Media, 2(2), 106-124.

PT Blue Bird Tbk. (2014). Annual Report PT Blue Bird Tbk 2014. Retrieved from http://www.bluebirdgroup.com/wpcontent/uploads/2015/05/AR_bluebird_2014_29apr_201 5_lowres-auditreport1.pdf

Rangkuti, F. (2002). Creating effective marketing plan. Gramedia Pustaka Utama.

Wangarry, C. L., Tumbel, A., & Karuntu, M. M. (2018). Pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda di PT. Hasjrat Abadi Ranotana. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6 (4).

Published
2023-01-03
How to Cite
Amriadi, A., Fatma, F., & Suldani, M. R. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT BLUE BIRD DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN TAKSI ONLINE DI MAKASSAR. ORE: ournal of ommunication esearch, 1(1), 11-19. https://doi.org/10.47650/core.v1i1.701