STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM RADIO LUMEN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI SIARAN RADIO DI KABUPATEN MANGGARAI TENGAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)

  • Kalixtus Ambur Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Makassar
  • Erniwati Erniwati Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Makassar
  • Sumardi Sumardi Prodi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Strategi Komunikasi, Radio, Komunikasi Massa

Abstract

Radio sebagai salah satu media massa berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi. Radio sebagai salah satu media massa berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi. Selain memberikan informasi, radio juga bisa bermanfaat sebagai sarana pendidikan, dan hiburan di mana dapat digunakan untuk pengawasan masyarakat pada umumnya. Radio Lumens 2003 FM merupakan salah satu dari sekian banyak stasiun Radio yang masih beroperasi saat ini. Radio Lumens 2003 FM merupakan stasiun radio yang mengudara di provinsi Nusa Tenggara Timur. Oleh karena itu diperlukan sebuah strategi bagaimana radio Lumen 2003 bisa bertahan atau mempertahankan eksistensinya. Dalam mempertahankan pendengarnya, Radio Lumen 2003 melakukan strategi berupa Strategi Kesesuaian (compabillity), Membangun Kebiasaan (Habitt Formation), Mengontrol aliran pendengar, serta melakukan Strategi Pemeliharaan Sumber Daya Program serta Strategi daya tarik yang Luas (bredth of appreal). Radio Lumen FM selalu berusaha menyajikan program-program yang menarik untuk pendengarnya. Setiap program yang telah disiapkan selalu disajikan dengan semaksimal mungkin untuk menarik minat pendengar.

References

Ardianto, E. (2009). Komunikasi Massa: suatu pengantar. Simbiosa.

John Fiske, Pengantar Ilmu Komunikasi, (Jakarta: PT Raja Grafindo, 2005), hlm. 9

Masduki, Menjadi Broadcaster Profesional, (Yogyakarta: Pustaka Populer LKis, 2004)

Moleong, L. J. (2005). Metodologi kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Mufid, Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010), hlm 38

Sendjaja, D., Pradekso, T., & Rahardjo, T. (2002). Teori Komunikasi Massa: Media, Efek dan Audience, modul Teori Komunikasi. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Sinaga, C. N. A. P. (2017). Strategi Komunikasi Radio Komunitas Usukom FM dalam Mempertahankan Eksistensinya. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 1–16.

Trinoviana, A. (2017). Strategi Konvergensi Radio Sebagai Upaya Perluasan Pasar Audience dan Iklan (Studi Kasus Pada Swaragama Fm (101.7 Fm), Geronimo Fm (106.1 Fm), Dan Prambors Radio (102.2 FM/95.8 FM)). Jurnal Komunikasi, 12(1), 35–50.
Published
2023-01-04
How to Cite
Ambur, K., Erniwati, E., & Sumardi, S. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM RADIO LUMEN DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN INDUSTRI SIARAN RADIO DI KABUPATEN MANGGARAI TENGAH PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (NTT). CORE: Journal of Communication Research, 1(1), 29-37. Retrieved from http://journal.unpacti.ac.id/index.php/CORE/article/view/703