Deskripsi Pembelajaran Matematika Dengan Metode Socrates Dalam Pendekatan Kontekstual di SMP

  • Akbar Taufik Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Metode Socrates, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Masalah dalam peneitian ini adalah bagaimanakah deskripsi pembelajaran matematika dengan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual pada siswa SMP Negeri 13 Makassar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual pada siswa SMP Negeri 13 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data  dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 13 Makassar dalam  pembelajaran matematika dengan menggunakan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode Socrates dalam pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 13 Makassar tergolong dalam kategori cukup. Hal ini terlihat dari rata-rata kemampuan pembelajaran matematika siswa kelas VIIA  sebesar 65,43 dan kemampuan pembelajaran matematika yang lebih dominan adalah siswa dengan kategori cukup dengan presentase 46,4% dari 28 siswa.

References

Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.

Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Miles, Matthew B dan Huberman, A. Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Paul, R dan Elder L. 2006. Critical Thingking: The Art of Socratic Questioning. Journal of Development Education, 31(1), [62-67].

Santrock J.W. 2008. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta.

Yunarti, Tina. 2011. Pengaruh Metode Socrates terhadap Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA. Disertasi-UPI; tidak diterbitkan.
Published
2020-09-29