Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII SMPN 30 Makassar

  • Muthmainnah Asmal Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Kecerdasan logis matematis, Kemampuan pemecahan masalah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Variabel penelitian  terdiri  dari  variable  bebas yaitu  kecerdasan logis matematis dan variable terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematika.  Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VII SMPN 30 Makassar Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel diambil menggunakan simple random sampling sebanyak 55 orang siswa sebagai responden. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrument berupa tes yang terdiri atas 25 butir soal pilihan ganda untuk mengukur tingkat kecerdasan logis matematis dan untuk tes mengukur kemampuan pemecahan masalah sebanyak 8 butir soal essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis regresi diperoleh nilai Fhitung= 0,433 dan Ftabel(5%) = 0,297, karena Fhitung≥Ftabel, maka H0 ditolak Ini berarti  terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII SMPN 30 Makassar. Adapun besarnya pengaruh kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa adalah sebesar 18,75%.

References

Akbar P.S dan Usman. 2008. Pengantar Statistika, Jakarta : Bumi Aksara.

Baharudin. 2007.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Indragiri, 2010. Kecerdasan Optimal: Cara Ampuh Memaksimalkan Kecerdasan Anak,Jogjakarta: Starbooks.

Irvaniyah, Iyan, Reza Oktaviana Akbar. 2014. Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin. Dalam Jurnal EduMa,Vol. 3 No.1, ISSN 2086 –3918.

Lwin, May, dkk. 2008. Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan: Petunjuk Praktis bagi Orang Tua yang Mempunyai Anak Tujuh Tahun atau Kurang, terj.Christine Sujana,Jakarta: PT Indeks.

Muhammad Yaumi,Nurdin Ibrahim. 2013. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences): Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak,Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Masykur, M., & Fathani, d. A. 2009.Mathematical Intelligence.edited by A. Safa.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mustaqim. 2004. Psikologi Pendidikan. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Polya, G. 1973. How to Solve it. New Jersey: Princeton University Press.

Saad, N. S. & S. A. Ghani. 2008. Teaching Mathematics in Secondary School: Theories and Practices. Perak: Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta

Undang-Undang tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Tahun 2016.

Zulkarnain, Ihwan & Nurbiati, Ika.2019. Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah.Prosiding DPNPM Unindra 2019.ISSN 2581-0812.

Published
2020-09-29