KESALAHAN DALAM PEMAHAMAN OBJEK DASAR MATEMATIKA TENTANG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VIII SMPN 4 SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

  • Ardani Samad
Keywords: kesalahan pemahaman, objek dasar matematika, bentuk aljabar

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kesalahan pemahaman objek dasar matematika siswa SMPN 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa Kelas VIII. Jenis dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 3 orang siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kesalahan pemahaman fakta matematika siswa mencakup: kesalahan menerapkan tanda plus atau minus dan tanda kurung pada bentuk aljabar. 2) kesalahan pemahaman konsep matematika siswa mencakup: kesalahan pemahaman konsep suku, suku sejenis dan suku tidak sejenis. 3) kesalahan pemahaman prinsip matematika siswa mencakup: kesalahan memahami sifat-sifat yang berlaku pada bentuk aljabar. 4) kesalahan pemahaman operasi matematika siswa mencakup: a) kesalahan pemahaman dalam menyelesaikan penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar; b) kesalahan pemahaman dalam menyelesaikan perkalian dan pembagian bentuk aljabar; dan c) kesalahan pemahaman dalam menyederhanakan pecahan bentuk aljabar.

References

Erman Suherman. Dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matehatika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia
Hadi, Sutarto. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Hidayat, Badi rahmad. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Ruang Dimensi Tiga Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Tahun Ajaran 2011/2012. Prodi Pendidikan Matematika,FKIP, UNS, Surakarta.
Kesumawati, Nila. 2012. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 6, No 2.
Lestari, Karunia Eka dan Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Marsigit. 2009. Mathematics for Junior High School Year VII. Jakarta: Yudistira.
Muniroh, Afidatul. Profil Pemahaman Berdasar Taksonomi Bloom Siswa Kelas XI IPA MA Pembangunan Pacitan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Suka Banyak Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurusan Tadris Matematika, IAIN, Tulungagung.
Nuharini, Dewi dan Wahyuni, Tri. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Untuk kelas VII SMP dan MTS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Romadiastri, Yulia. 2012. Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika dalam Menyelesaikan Soal Logika. Semarang: Jurnal Phenomenon,, Vol 2, No 1.
Russefendi. 1988. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Sahid, Rahmat. 2014. Analisis Data Penelitian Model Miles dan Huberman. Dalam http://sangit26.blogspot.co.id/2011/07/analisis-data-penelitian- kualitatif.html, diakses pada 12 Mei 2018.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia (Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Tarihoran, Afwan. 2012. Tes Diagnostik dalam Pembelajaran. Dalam http://afwansanur.blogspot.com/2012/07/tes-diagnostik-dalam-pembelajaran.html. Diakses pada 12 Mei 2018.
Wakhidatunisyak. 2011. Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII D Mts Assyafi’iyah Gondang Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurusan Tadris Matematika, IAIN, Tulungagung.
Yusran Basri, M. 2016. Deskripsi Pemahaman Konsep Fungsi Siswa Kelas XI SMAN Pangkajene. Jurusan Matematika, UNM, Makassar.
Published
2022-03-30