PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DENGAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 TOBADAK

  • Amran Yahya Universitas Sulawesi Barat
  • Citro Leo Vernando Universitas Sulawesi Barat
  • Herna Herna Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Learning Model snowball throwing, ice breaking, Mathematics Learning Outcomes, Student Interest in Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar matematika dengan penggunaan model pembelajaran snowball throwing dengan ice breaking pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Tobadak tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Tobadak yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan minat belajar dan hasil belajar melalui model pembelajaran model pembelajaran snowball throwing dengan ice breaking. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi, soal tes hasil belajar dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata sebesar 53,95% dan persentase ketuntasan belajar sebesar 10% selanjutnya Pada siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 75,15% dan Persentase ketuntasan belajar siswa menjadi 85 % kemudian untuk perkembangan minat dapat dilihat pada siklus I dimana hasil yang didapat masih berada  pada kategori rendah dengan nilai rata-rata 67% selanjutnya pada siklus II hasil angket minat belajar meningkat, dimana nilai rata-rata yang diperoleh sebesar  79%  dengan kriteria cukup. Dengan ini dapat dinyatakan indikator keberhasilan telah tercapai pada siklus II.

References

Agung Dwi Pangestu, Hafiludin Samparadja, Kadir Tiya. 2015. Pengaruh minat terhadap hasil belajar matematika siswa sma negeri 1 uluiwoi kabupaten kolaka timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.
Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Dunlap, D. 2013. Games and icebreakers for the ESL classroom. English Languange fellow Mauritania.
Elinawati, Winda. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa, Jurnal Sainsma Vol.VII,No. 1 (13-24).
Kemendikbud. 2014. Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik pada Pendidikan Dasardan Pendidikan Menengah.
Luthfi Huriyanti dan Hastri Rosiyanti. 2017. Perbedaan motivasi belajar matematika siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran quick on the draw.
Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 3(2): 115-125 ISSN: 2088-351X , 115.
Mulyasa. 2013. Menjadi guru profesional menciptakan pelajaran kreatif dan menyenangkan. Bandung : Remaja rosda karya
Muchib. (2018). Penerapan model PBL dengan vidio untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa indonesia, Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan,6 (1), 2018, 25-33.
Novika, Tendy. (2014). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar MatematikaDengan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat Di Kelas VIISMPN 5 kota Bengkulu. Skripsi, Universitas Bengkulu, Bengkulu.
Nizam. 2016. Ringkasan Hasil-hasil Asesmen Belajar dari Hasil UN, PISA< TIMSS< INAP. Puspendik.
Putri, Maya. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Rajabasa Raya Bandar Lampung [Skripsi]. FKIP Universitas Lampung
Salmawati. 2019. Penerapan Strategi Ice Breaking terhadap Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Kelas VII di SMPN 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar [Skripsi].Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Satriaman, K. T., Pujani, N. M., & Sarini, P. (2019). Implementasi Pendekatan Student Centered Learning Dalam Pembelajaran Ipa Dan Relevansinya Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Viii Smp Negeri 4 Singaraja. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 1(1), 12. https://doi.org/10.23887/jppsi.v1i1.21912
Siti Nurhasanah dan A. Sobandi. 2016. “Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa (Learning Interest As Determinant Student Learning Outcomes)” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran
Sudjana. 2017. Metode Statistik. Bandung: PT Tarsito.
Sunarto. 2012. Ice breaker dalam pembelajaran aktif. Cakrawala Media.
Triastuti Handayani, Mujasam dkk. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik”JurnalCurricula
Tanamir, M. D. 2016. “Hubungan Minat Terhadap Bentuk Tes Dan Gaya Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Geografi Di Sma Negeri Kabupaten Tanah Datar”. JurnalCurricula, 1 (2), 41-51.
Tohir, Mohammad. 2019. Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015.
Yuliati. 2015. “Efektifitas Penggunaan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Di Kelas Xi-Is-2 Sma Negeri 7 Banda Aceh”. Jurnal Peluang.
Zakiyah Anwar dkk. 2018. “Meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwing melalui taksonomi bloom”. Jurnal Noken 3(2).
Published
2022-03-30