PEMAHAMAN RELASIONAL DAN INSTRUMENTAL: BAGAIMANA PENGARUHNYA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS?

  • Sudrajat Sudrajat Universitas Negeri Yogyakarta
Keywords: Relational, Instrumental, Mathematical Problem Solving

Abstract

Dalam pembelajaran matematika pemecahan masalah merupakan aktivitas yang penting. Hal yang paling utama dalam memecahkan masalah adalah menemukan dan memahami apa saja yang telah diketahui. Siswa akan sangat mudah memecahkan suatu masalah matematis ketika pemahaman relasional tertanam pada diri siswa. Selain itu dalam pembelajaran matematika pemahaman instrumental juga dibutuhkan, karena pemahaman relasional dan pemahaman instrumental sangat berkaitan erat. Tujuan Penelitian ini untuk mengkaji bagaimana pengaruh pemahaman relasional dan instrumental dalam proses pembelajaran matematika ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis. Jenis penelitian ini menggunakan literature review. Adapun langkah-langkah penelitian ini, yaitu merumuskan masalah, mengumpulkan data, mengevaluasi kelayakan data, menganalisis dan menginterprestasikan data yang relevan dan menyajikan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemahaman relasional dan instrumental dalam pembelajaran matematika ditinjau dari pemecahan masalah matematis. Dalam pembelajaran matematika siswa yang berkemampuan pemecahan masalah matematis tinggi memiliki kemampuan pemahaman relasional dan instrumental yang baik, sedangkan siswa yang memiliki pemecahan masalah matematis pada kategori sedang dan rendah hanya memiliki kemampuan pemahaman instrumental.

References

Arumanita, D., Susanto, H., & Rahardi, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Negeri 1 Papar Pada Materi Bangun Ruang. Jurnal Math Educator Nusantara ( JMEN ), 4, 104–124. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i2.12106.
Chisara et al,. (2019). Implementasi Pendekatan Realistik Mathematics Education (RME) Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 1(2).
Haryani, D. 2011. Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Hidayah, N., et al,. (2019). Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran matematika realistik untuk siswa kelas IV SD. Jurnal basicedu, 3(2), 345-354
Kusaeri, K. (2019). Penilaian Sikap Dalam Pembelajaran Matematika. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 61. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.1588.
Lestari, K. E & Yudhanegara, M. R. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika: Bandung: PT. Reflika Aditama.
Mardiana et., al. 2016. Pemahaman Instrumental dan Relasional Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Turunan. Prosiding Seminar dan Pendidikan Matematika. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Marzali, A.-. (2017). Menulis Kajian Literatur. ETNOSIA : Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2), 27. https://doi.org/10.31947/etnosia.v1i2.1613.
Murtalib, M. 2019. Explorasi Pemahaman Relasional Siswa SMP Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Pemecahan Masalah Lingkaran. Pedagogos: Jurnal Pendidikan, 1(2), 11-26.
NCTM. (2000). Principles and Standards For School Mathematics. United States Of America: The National Council Of Teachers Of Mathematics, Inc.
OECD. 2019. PISA 2018 Assessment And Analytical Framework PISA. Paris: OECD Publishing.
Polya. (1945). How to Solve it Polya. Princeton: University Press.
Putra, H. D., Thahiram, N. F., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90.
Putri, Vika Yuniana. 2021. Analisis Pemahaman Relasional Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matekatika Pada Soal Three Tier Multiple Choice. Yogyakarta: Artikel Skripsi Universitas PGRI Yogyakarta
Rahma et., al. 2015. Profile of relational understanding in mathematical problem solving in terms of mathematical abilities. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 3, No. 2, September 2015. ISSN: 2337-8166.
Riyani et., al. 2019. Uji Validitas pengembangan Tes untuk mengukur kemampuan pemahaman relasional pada materi persamaan kuadrat siswa kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian pengembangan Sekolah, 1(1), 60-65.
Rahman, R. V., Parta, I. N., & Susanto, H. (2020). Memecahkan Masalah Matematika, 706–713.
Samudro, G. J. 2017. Comprehension Between Relational And Instrumental Students' Mathematics On Treffinger Model Of The Operating Calculation Material On Aljabar At Eight Grade SMPN 1 Munjungan. Kediri: Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Setiawan et al,. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Skemp, R. R. 1978. Relational Understanding and Instrumental Understanding. The Arithmetic Teacher, 26(3), 9-15.
Sholihah, A. 2020. Analisis Pemahaman Relasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika.
Suhartono, E. 2017. Systematic Literatur Review (SLR): Metode, Manfaat dan Tantangan Learning Analytics dengan Metode Mining di Dunia Pendidikan Tinggi. Jurnal Infokam, No. 1 Th. XIII/ MARET/2017.
Summaries, C. E. (2019). What Students Know and Can Do. PISA 2009 at a Glance, I. https://doi.org/10.1787/g222d18af-en.
Utomo et., al. 2020. Pemahaman Relasional Analisis Proses pembuktian Induksi Matematika. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara, 2020.
Wahyuni, R. (2016). Inovasi Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 33–39
Published
2022-03-30