ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERDASARKAN NEWMAN ERROR ANALYSIS SISWA KELAS VII SMP YOS SOEDARSO MASOHI

  • Emy Sohilait STKIP Gotong Royong Masohi
  • Watticarla Halamury STKIP Gotong Royong Masohi
  • Siti Ramdhayani Litiloly STKIP Gotong Royong Masohi
Keywords: two-dimentional figure, newmann error analysis, story problems.

Abstract

Siswa mengalami kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita yaitu kendala dalam menghitung operasi aljabar pada materi bangun datar. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang memungkinkan terciptanya suasana belajar dan mengenal faktor-faktor yang menjadi penyebab dalam menyelesaikan soal cerita. Prosedur Newman Error Analysis (NEA) merupakan suatu metode pembelajaran yang mempunyai lima tahapan dalam menganalisis kesalahan dan faktor yang disebabkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan Newman Error Analysis (NEA) siswa kelas VII SMP Yos Soedarso Masohi. Dengan demikian, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan langkah-langkah reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa dari kelas VII SMP Yos Soedarso Masohi tetapi yang dianalisis hanya 5 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 15 orang mempunyai dalam kategori sedang, 7 orang termasuk dalam kategori tinggi, 1 orang berada pada kategori rendah dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bangun datar.

References

Arif, Priyanto. 2015. “JEMBER, ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTHAGORAS BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN NEWMAN DI KELAS VIII A SMP NEGERI 10.” Ekp 13 (3).
Brown, Janice, Kim Skow, and IRIS Center. 2016. Mathematics: Identifying and Addressing Student Errors Nature and Dirstribution of Variables.
Darmawan, Iwan, Anis Kharismawati, Heris Hendriana, and Ratni Purwasih. 2018. “Analisis Kesalahan Siswa SMP Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1 (1). https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4912.
Hadi, Sutarto. 2006. “ADAPTING EUROPEAN CURRICULUM MATERIALS FOR INDONESIAN SCHOOLS: A DESIGN OF LEARNING TRAJECTORY OF FRACTION IN ELEMENTARY EDUCATION MATHEMATICS.” Banjarmasin: Lambung Mangkurat University, 1–9.
Jamal, Fakhrul. 2018. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman.” Maju (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 5 (2).
Jha, Shio Kumar. 2012. “Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure.” International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences 2 (I).
Nurussafa’at, Fitri Andika, Imam Sujadi, and Riyadi. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Volume Prisma Dengan Fong’s Shcematic Model for Error Analysis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4 (2).
Pradini, Widi. 2019. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linear Dua Variabel.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 14 (1). https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481.
Rafi, I., and H. Retnawati. 2018. “What Are the Common Errors Made by Students in Solving Logarithm Problems?” In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1097. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012157.
Rokhimah, S, A Suyitno, and Y L Sukestiyarno. 2015. “Students Error Analysis in Solving Math Word Problems of Social Arithmetic Material for 7th Grade Base on Newman Procedure.” In Proceeding in International Conference on Conservation for Better Life.
Rr Chusnul, C., Mardiyana, and S. Dewi Retno. 2017. “Errors Analysis of Problem Solving Using the Newman Stage after Applying Cooperative Learning of TTW Type.” In AIP Conference Proceedings. Vol. 1913. https://doi.org/10.1063/1.5016662.
Sangadah, M. 2016. “Analisis Kesalahan Siswa SMP Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.” Ekuivalen 20(1).
Santoso, D. A., A. Farid, and B. Ulum. 2017. “Error Analysis of Students Working about Word Problem of Linear Program with NEA Procedure.” In Journal of Physics: Conference Series. Vol. 855. https://doi.org/10.1088/1742-6596/855/1/012043.
Sara, Hilda, Elin Marlina, Dhea Dwi Agustin, and Jaka Haerul. 2020. “ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN FONG�S SCHEMATIC MODEL FOR ERROR ANALYSIS PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL.” Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT) 6 (1). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i1.2504.
Singh, Parmjit, Arba Abdul Rahman, and Teoh Sian Hoon. 2010. “The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Tasks: A Malaysian Perspective.” In Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 8. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.036.
Suratih, Suratih, and Heni Pujiastuti. 2020. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Newman’s Error Analysis.” Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 15 (2). https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990.
Tambychik, Tarzimah, and Thamby Subahan Mohd Meerah. 2010. “Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What Do They Say?” In Procedia - Social and Behavioral Sciences. Vol. 8. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.020.
Vilenius-Tuohimaa, Piia Maria, Kaisa Aunola, and Jari Erik Nurmi. 2008. “The Association between Mathematical Word Problems and Reading Comprehension.” Educational Psychology 28 (4). https://doi.org/10.1080/01443410701708228.
Published
2022-03-30