HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN 4 BANTIMURUNG

  • A. Muhajir Nasir Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros https://orcid.org/0000-0002-1626-0646
  • Syaiful Hidayat
  • Syamsuriyawati Syamsuriyawati Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muslim Maros
Keywords: Minat Belajar, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan hasil belajar matematika  siswa SMPN 4 Bantimurung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 4 Bantimurung pada tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 720 siswa sedangkan sampelnya sebanyak 256 siswa yang diambil dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket minat belajar siswa, sedangkan untuk hasil belajar siswa yaitu nilai ujian akhir semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Adapun data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan SPSS.  Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan hubungan yang signifikan  dan bersifat positif antara minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa minat belajar matematika dengan hasil belajar matematika siswa SMPN 4 Bantimurung Kab. Maros memiliki hubungan yang signifikan dan bersifat positif.

References

Agung, D, P., Hafiluddin, S., & Kadir, T. (2015). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Uluiwoi Kabupaten Kolaka Timur. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, Volume 3(1), Hal. 17-26.
Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan Antara Minat Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sd. Journal of Education Technology, 1(4), 231-238.
Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018). Pengaruh Minat Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109-115.
Lenher, D., & Wurzenberger, J. (2013). Sebuah Perspektif Pendidikan Untuk Mengatasi Globalisasi. 5, 257–368.
Loekmono. (1994). Bagaimana Belajar. Salatiga: BPT Gunung Mulia.
Mayura, E. (2014). Hubungan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SDN 20/I Jembatan Mas. Skripsi Dipublikasikan. Jambi: Universitas Jambi.
Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Nasrallah, R. (2014). Peran Hasil Belajar Dalam Pengajaran Perguruan Tinggi. Pendidikan, Bisnis Dan Masyarakat, 4(Timur Tengah Kontemporer), 257–276.
Nurbaeti. (2020). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Guru dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MA DDI Cambalagi. Skripsi Dipublikasikan. Maros: Universitas Muslim Maros.
Prof. Dr. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Shaleh, A. R. (2004). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudijono. (2004). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suriasumantri, J. S. (2009). Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Wahida, F. (2016). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi Dipublikasikan. Makassar: Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.
Zuriah, N. (2009). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
2022-03-30