IMPLEMENTASI PENGGUNAAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  • Suryanti Suryanti
  • Akbar Taufik Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Quizizz, kuis, matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan aplikasi Quizizz pada pembelajaran matematika tingkat SMA. Populasi penelitian adalah siswa SMA kelas XI. Total responden berjumlah 108. Analisis data dilakukan menggunakan metode deskriptif yang dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan survey kepada seluruh sampel penelitian dengan memanfaatkan aplikasi google forms. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum siswa menganggap penggunaan Quizizz untuk mengerjakan kuis yang ditugaskan sebelum pembelajaran secara tatap muka di kelas berdampak positif dalam kegiatan pembelajaran matematika. Siswa menganggap Quizizz merupakan aplikasi yang mudah digunakan, penggunaannya membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, meningkatkan penguasaan materi, dan menambah motivasi dan keaktifan siswa dalam mempelajari matematika. Beberapa keterbatasan dan permasalahan yang terdapat pada penggunaan Quizizz menurut siswa, diantaranya adalah keterbatasan koneksi internet, batasan waktu yang diberikan terlalu sedikit, dan beberapa siswa juga merasa perlu untuk dilakukan pembahasan tentang soal-soal yang dikerjakan melalui aplikasi Quizizz di kelas, sehingga diketahui jawaban mana yang benar dan jawaban mana yang salah.

References

A. D. Samala, B. R. Fajri, and F. Ranuharja, Desain Dan Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Menggunakan Moodle Mobile App,O J. Teknol. Inf. dan Pendidik., 2019, doi: 10.24036/tip.v12i2.221.

Asrifan, andi dkk. 2020. Modul Tutorial Penggunaan Quizizz pada Pembelajaran di Kelas. http://mbi.umsrappang.ac.id/pages/view/staf/detail/21.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

E. Mulyatiningsih,, Pengembangan Model Pembelajaran, Diakses dari http//staff. uny. ac. id/sites/default/files/pengabdian/dra-endangmulyatiningsih-mpd/7cpengembangan-model-pembelajaran. pdf. pada Sept., 2020

Mulyati, S. dan Efendi, H. 2020. Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1): 64-73
Published
2022-09-30