STUDI META-ANALISIS KEBERHASILAN MATEMATIKA SISWA JENJANG SEKOLAH DASAR BERDASARKAN KARAKTER DISIPLIN

  • Samritin Samritin Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: nilai karakter disiplin, hasil belajar matematika, pretasi belajar matematika, siswa sekolah dasar, summary effect size, meta analisis

Abstract

Kualitas atau kekuatan nilai-nilai karakter telah menjadi salah satu prioritas utama banyak negara dalam menghadapi perkembangan abad ke-21. Nilai karakter disiplin merupakan kekuatan karakter yang berhubungan dengan diri sendiri. Sudah banyak penelitian yang mengkaji hubungan nilai karakter disiplin dengan hasil belajar atau prestasi belajar matematika siswa sekolah dasar. Berdasarkan penelitian yang sudah pernah ada, maka perlu dilakukan studi meta analisis hubungan nilai karakter disiplin dengan keberhasilan belajar matematika di sekolah dasar. Meta analisis dilakukan untuk memperoleh summary effect size. Jenis penelitian yang digunakan meta analisis korelasi. Sebanyak 19 artefak penelitian yang bersumber dari artikel dan skripsi dikumpulan melalui Google Scholar dengan bantuan aplikasi publish or perish 8 telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Analisis data menggunakan bantuan aplikasi JASP 0.14.1.0. Hasil penelitian diperoleh ada hubungan yang positif dan signifikan antara nilai karakter disiplin dengan keberhasilan belajar matematika siswa sekolah dasar dengan summary effect size (0,70) merupakan ukuran yang maksimal pada kategori sedang. Hasil penelitian ini, tentunya telah membuktikan konsistensi dan memperkuat teori atau temuan peneliti sebelumnya bahwa dengan studi meta analisis mampu memberikan informasi meyakinkan dan efektif tentang hubungan kedua variabel tersebut. Kualiatas atau kekuatan nilai karakter disiplin yang dimiliki siswa sekolah dasar menjadi salah satu keterampilan dalam menghadapi perkembangan abad ke-21 yang penuh dengan tantangan.

References

Agboola, A., & Tsai, K. C. (2015). Bring character education into classroom. European Journal of Educational Research, 1(2), 163-170

Arthur, J. (2011). Personal character and tomorrow’s citizens: Student expectations of their teacher. International Journal of Educational Research, 50(1).184–189. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S088303551100053

Azañedo, C. M., Fernández-Abascal, E. G., & Barraca, J. (2017). The short form of the VIA inventory of strengths. Psicothema, 29, 254–260. https://doi.org/10.7334/psicothema2016.225.

Benavides-Varela, S., Callegher, C. Z., Fagiolini, B., Leo, I., Altoè, G., & Lucangeli, D. (2020). Effectiveness of digital-based interventions for children with mathematical learning difficulties: A meta-analysis. Computers and Education, 157(November), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.compedu.202 0.103953

Berkowitz, M. W., & Simmons, P. E. (2003). Integrating science education and character education. in the role of moral reasoning on socioscientific issues and discourse in science education (pp. 117–138). https://doi.org/10.1007/1-4020-4996-x_7

Borenstein, M., Hedges, L. V, & Rothstein, H. R. (2009). Introductionto Meta-Analysis (Issue January). John Wiley & Sons.

Cohen, L., Manion, l., & Morrison, K. (2007). Research methods in education. Sixth edition. Madison Avenue: New York.

Ernawanto, Y, Sutama, S, Minsih., & Prastiwi, Y. (2022). Enculturation of Students Discipline Character Education in the New Normal at Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3037-3048, https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1969

García-Castro, F. Javier; Alba, Ana; Blanca, María J. (2019). Association Between Character Strengths and Caregiver Burden: Hope as a Mediator. Journal of Happiness Studies, 21, 1445 –1462. doi:10.1007/s10902-019-00138-2

Grasman, R. (2017). Meta-analysis in JASP. JASP website. https://jaspstats.org/2017/11/15/metaanalysis-jasp

Harun, Jaedun, A., Sudaryanti, & Manaf, A. (2020). Dimensions of Early Childhood Character Education Based on Multicultural and Community Local Wisdom. International Journal of Instruction, 13(2), 365-380. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13225a

Hunter, J. E., & Schmidt, F. L. (2004). Methods of Meta-Analysis: Correcting Error and Bias in Research Findings (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage

Harun., Kartowagiran, B., & Manaf, A. (2021). Student attitude and mathematics learning success: A meta-analysis. International Journal of Instruction, 14(4), 209-222. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14413a

Klaus, S. (2016). The global competitiveness report 2016–2017. World Economic Forum. https://www3.weforum.org

Lebuda, I., Figura, B., & Karwowski, M. (2021). Creativity and the dark triad: A meta-analysis. Journal of Research in Personality, 92, 104088. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2021.1040 88

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018, tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.

Nucci, L., & Narváez, D. (Eds.). (2014). Handbook of moral and character education. Routledge.

Peterson, C. & Seligman, M. E. P. (2004). Character strengths and virtues: A handbook and classification. New York/Washington, DC: Oxford University Press/American Psychological Association

Pratiwi, A., Darmiany, D., & Setiawan, H. (2021). Character education values: is learning process in elementary school implement it?. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 9(2), 267-279. doi:https://doi.org/10.33394/j-ps.v9i2.4374

Presiden Republik Indonesia. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017, tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Qonita, R, Kurniawan, MI, & Wardana, MDS. (2022). Developing Discipline Character of Elementary School Students through Punishment. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3613-3622. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1760

Setiawan, H., Nurhasanah, N., Umar, U., Nurmawanti, I., & Fauzi, A. (2020). Instrument Development on Character Value Assessment at Grade IV Elementary School Students. In 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020) (pp. 470-475). Atlantis Press.

Sudaryono, S, & Aryani, IK (2021). School Policy in Improving Discipline Character of Elementary School Students. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 13(2), 101-103, https://doi.org/10.30595/Dinamika/v12i2.6

Walker, E., Hernadez, A. V., & Kattann, M. W. (2008). Meta-Analysis: Its strengths and limitations. Cleveland Clinic Journal of Medicine, 75(6), 431–439. https://doi.org/10.3949/ccjm.75.6.431

Zamroni. (2011). Strategi dan model implementasi pendidikan karakter di sekolah. In D. Zuchdi (Ed.). Pendidikan karakter dalam perspektif teori dan praktik. UNY Press.
Published
2022-09-30