Uji LC50 Ekstrak Daun Mentimun (Cucumis sativus L) Terhadap Larva Udang Renik Air Asin (Artemia salina Leach) Dengan Menggunakan Metode BSLT

  • Muhammad Aris Universitas Pancasakti Makassar
  • Andi Nuriilmi Adriana
Keywords: Daun Mentimun;, Ekstrak;, Uji LC50;, Artemia salina Leach;, BSLT.

Abstract

Daun Mentimun (Cucumis sativus Lin) adalah tanaman obat potensial yang dapat mengatasi berbagai jenis penyakit. Manfaat tanaman ini sangat besar dalam dunia pengobatan secara empiris. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan Untuk mengetahui tingkat toksisitas ekstrak daun mentimun (Cucumis sativus Lin) dengan ekstrak etanol dan Untuk mengetahui pada konsentrasi berapa ekstrak etanol daun mentimun (Cucumis sativus Lin) dapat memberikan efek toksik. Penelitian dilakukan dengan mengekstraksi sampel dengan etanol yang di ekstraksi dengan metode maserasi dan diuapkan menggunakan rotavapor. Ekstrak etanol daun mentimun yang diperoleh digunakan untuk uji toksisitas terhadap larva udang BSLT dengan beragam konsentrasi yaitu 200 ppm, 400 ppm, 600 ppm, 800 ppm dan 1000 ppm. Kemudian data kematian Artemia salina Leach dianalisis dengan analisis probit untuk mengetahui nilai LC50.

Hasil dari penelitian menunjukkan pada masing masing konsentraasi ekstrak daun mentimun (Cucumis sativus Lin) memiliki tingkat toksisitas terhadap larva udang Artemian salina Leach. Ditunjukkan dengan nilai LC50 < 1000 ppm yakni 776,24 ppm kategori sangat toksik.

Published
2022-07-01