Analisis Sistem Informasi Kesehatan Pada Pelayanan Rekam Medis di Rumah Sakit Pelamonia Tk.II Makassar

  • Andi Ayumar Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Andi Yulia Kasma Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
  • Andi Pratiwi Rachmadhani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makassar
Keywords: Sistem informasi kesehatan, rekam medis

Abstract

Pencatatan data riwayat kesehatan pasien adalah hal yang penting dalam dunia medis dan dikenal dengan istilah data rekam medis. Selama pasien melakukan pemeriksaan atau menjalani perawatan medis oleh dokter atau suatu instansi medis, maka status kesehatan pasien akan dicatat sebagai data rekam medis pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis sistem informasi kesehatan pada pelayanan rekam medis di Rumah Sakit Pelamonia Tk.II Makassar Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif yang menggambarkan keadaan suatu fenomena, dalam penelitian ini tidak dimaksud untuk menguji hipotesis tertentu tetapi hanya menggambarkan apa adanya suatu variabel, gejala atau keadaan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam menganalisis sistem informasi kesehatan pada pelayanan rekam medis di Rumah Sakit Pelamonia Tk.II Makassar yang sesuai dengan SOP rekam medis. Simpulan dari penelitian ini yaitu sistem informasi kesehatan pada pelayanan rekam medis di Rumah Sakit Pelamonia Tk.II Makassar sudah sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan oleh Karumkit Tk.II 07.05.01 Pelamonia Nomor Kep/205/AK/IX/2014 tanggal 09 September 2014 tentang Keamanan Data dan Informasi. Sebagai saran, agar rumah sakit khususnya bagian rekam medis mempertahankan bahkan lebih meningkatkan kinerjanya untuk melayani pasien.

References

Afriany, R.N dan Purnama, B. 2016. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Rekam Medis Di Rumah Sakit Tk. IV Dr. Bratanata Jambi.

Aurelia,A dan Pujiyanti, E. 2015. Biaya Satuan dan Pemulihan Biaya (Cost Recovery Rate) Layanan Pasien Acute Coronary Syndrome dengan Rawat Inap di Rumah Sakit X Tahun 2015.

Dindatia, N,. Junaid, dan Rasama. Gambaran Kinerja Petugas Rekam Medik Di Rumah Sakit Umum Daerahkota Kendari Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol.2.No.6/Mei2017; Issn 2502-7311x.

Dewi, P.K. 2015. Analisis Alur Proses Penerimaan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit “X” Tahun 2015 dengan Pendekatan Lean Hospital. Jurnal ARSI/Oktober 2015.

Hasibuan, dkk. 2014. Analisis Standar Kebutuhan Tenaga Rekam Medis Berdasarkan Beban Kerja di Instalasi Rekam Medis Rumah Sakit Ken Saras Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal), Volume 2, Nomor 2, Februari.2014

Palupi, dkk. 2016. Determinan Pilihan Naik Kelas Perawatan Rumah Sakit Dari Kelas I Ke Kelas Vip. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia, Vol. 05, No. 4 Desember 2016
Prasaja, H,S. 2014. Analisis Sistem Informasi Registrasi Pasien di Rumah Sakit Umum Asy-Syifa Sambi Boyolali. Surakarta.

Rustiyanto, E. 2010. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Yang Terintegrasi, Yogyakarta Goysen Publhising.

Sari, F, P. 2015. Persepsi Masyarakat Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Mandiri Dalam Pelayanan Rsud Lubuk Basung Kabupaten Agam. Jom FISIP Volume 2 No. 2 – Oktober 2015.

Taufiq R. 2013. Sistem Informasi Manajemen. Konsep Dasar, Analisis dan Metode Pengembangan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wajirah. 2010. Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Cilacap. Surakarta.
Published
2021-02-04