Motivasi Kerja Tenaga Kesehatan di Puskesmas Panambungan Kota Makassar

  • Bertolomeus Arin Universitas Pancasakti Makassar
  • Indar Indar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin
  • Lusyana Aripa Universitas Pancasakti Makassar
  • Hardianto Haris Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Kebutuhan fisiologis, keamanan kerja, penghargaan

Abstract

Daya pendorong yang mengakibatkan seseorang anggota organisasi mau dan rela untuk menggerakkan kemampuan dalam membentuk keahlian dan keterampilan tenaga dan waktunya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan yang menjadi tanggung jawabnya dan menunaikan kewajibannya dalam rangka pencapaian tujuan dan berbagai sasaran organisasi yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan observasi awal pada tenaga kesehatan di Puskesmas Panambungan Kecamatan Mariso Kota Makassar, Tujuan penelitian untuk mengetahui secara mendalam motivasi kerja tenaga kesehatan di Puskesmas Panambungan Kecamatan Mariso Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang sifatnya deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara mendalam dan observasi atau pengamatan. Penentuan subjek penelitian dengan purposive sampling dengan kriteria semua tenaga kesehatan di Puskesmas Panambungan Kecamatan Mariso Kota Makassar, tenaga kesehatan yang bersedia untuk diwawancarai di Puskesmas Panambungan Kecamatan Mariso Kota Makassar, dari 23 orang tenaga kesehatan di Puskesmas Panambungan Kecamatan Mariso Kota Makassar, minimal 5 orang yang menjadi informan. Hasil penelitian motivasi kerja tenaga kesehatan karena gaji yang cukup, lingkungan kerja yang bersih dan nyaman, adanya hubungan yang baik sesama rekan kerja, keselamatan kerja sesuai standar yang telah ditetapkan, terciptanya etika dalam bekerja. Diharapkan bagi puskesmas perlu adanya penambahan fasilitas, penambahan ruangan kerja, agar meningkatkan motivasi kerja bagi tenaga kesehatan di puskesmas panambungan

References

Khatimah, K. (2020). Kinerja Perawat di RSUD H. Padjonga Dg. Ngalle Kabupaten Takalar. Jurnal Promotif Preventif, 3(1), 36-46.

Gabriele. (2018). Analisis Penerapan Standar Operasional Prosedur (Sop) Di Departemen Marketing Dan Hrd Pt Cahaya Indo Persada. Jurnal Agora Vol 6. No. 1 Surabaya.

Hendayani. (2018). Pengaruh Pemberian Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pelayanan Publik Di Desa Jalatrang Kecamatan Cipaku Kabupaten Ciamis. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Galuh. Ciamis.

Masuku. (2013). Analisis Motivasi Kerja Dokter Pegawai Negeri Sipil Di Kabupaten Kepulauan Sula. Jurnal MKMI. Maluku utara.

Muttaqin, Sumiati, (2019). Pelaksanaan Standar Operasional Prosedur Dalam Meningkatkan Pelayanan Rawat Jalan Pada Puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon.

Mahleni. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Gambir Baru Kabupaten Asahan Tahun 2018. Jurnal Mutiara Kesehatan Masyarakat. Sumatera Utara.

Prabu. (2017). Pengaruh Penghargaan dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 5, No. 2. Surabaya.

Permenkes. (2014) Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Profil Kesehatan Indonesia. (2017). Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Profil Puskesmas Panambungan. (2019). Makassar.

P2PTM Kemenkes RI. (2018). 163 Tenaga Kesehatan dapat Penghargaan dari Menkes(http://www.p2ptm.kemkes.go.id/kegiatan-p2ptm/dki-jakarta/163-). Diakses 18/11/2020.

Rahma. (2016). Pengaruh Penerapan Konsep Team Work Dan Budaya OrganisasiTerhadap Kinerja Perawat. Journal Of Management Vol 5, No. 4. Semarang.

Rukmini, Dkk, (2012). 408 Ketersediaan Dan Kelayakan Ruangan Pelayanan Puskesmas Berdasarkan Topografi, Demografi Dan Geografi Di Indonesia.

Rensiner, Dkk, (2018). Analisis Faktor Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rsud Dr. Achmad Darwis. Jurnal Kesehatan Andalas. Padang.

Rifai. (2020). Aspek keselamatan dan kesehatan kerja pada fasilitas pelayanan kesehatan di instansi kesehatan wilayah kerja Puskesmas Banguntapan III. JurnaPemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian kepada Masyarakat.

Riana. (2019). Pengaruh Kerjasama Tim Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan. Jurnal psikologi. Samarinda.

Safriansyah, Dkk, (2019). Analisis Pengaruh Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Kantor Penanggulangan Bencana Kabupaten Majene. Jurnal Manajemen IKM Vol. 14, No. 1. Majene.

Tanu Wibowo, M. H. (2015). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Lestari Purnama Perkasa. Vol. 3, No. 2.

Widiyanti. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan Kerja Terhadap Kualitas Kinerja Karyawan Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen. SKRIPSI.

Yalitoba. (2019). Pengaruh Tambahan Penghasilan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sigi. Jurnal Journal of Social Welfare Vol. 6, No. 1.
Published
2021-08-04