Efektifitas Metode Kanguru Terhadap Peningkatan Berat Badan Pada Bayi Baru Lahir di Puskesmas Ujung Loe Bulukumba

  • Irmawati Saddullah Universitas Mega Rezky, Makassar
  • Rosdianah Rosdianah Universitas Megarezky, Makassar
  • Andi Baharuddin Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan
Keywords: Bayi Baru Lahir, metode kangguru, berat badan

Abstract

Masa neonatal adalah masa sejak lahir sampai dengan 4 minggu (24 hari) sesudah kelahiran bayi adalah anak yang belum lama lahir, bayi baru lahir adalah bayi yang lahir dari kehamilan 37 minggu – 42 minggu dan berat badan lahir 2.500 – 4000 gram. Metode kangguru adalah metode perawatan dini dengan sentuhan kulit antara ibu dan bayi baru lahir dalam posisi kangguru. Manfaat perawtan metoe kangguru (PMK) dapat meningkatkan berat badan pada bayi karena pada tubuh ibu dapat memberi kehangatan pada bayi secara terus menerus dengan cara kontak antara kulit ibu dan bayinya sehingga bayi merasa nyaman dan mudah menyusui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Metode Kangguru Terhadap Peningkatan Berat Badan Pada Bayi Baru Lahir di Puskesmas Ujung Loe Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasy experiment dengan pendekatan pretest posttest with control design. Teknik sampling yaitu dengan teknik total sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Berdasarkan hasil distribusi frekwensi menunjukkan bahwa bayi baru lahir yang dilakukan metode kanguru mengalami peningkatan berat badan berjumlah 41 (93,2%) responden, sedangkan bayi yang tidak melakukan metode kanguru tidak mengalami peningkatan berat badan berjumlah 3 (6,8%) responden. Hasil uji statistic menunjukkan nilai p = 0,000 < 0,05. Metode Kangguru efektif dalam meningkatkan berat badan pada bayi baru lahir di Puskesmas Ujung Loe Kabupaten Bulukumba

References

Aryani, N. P., & Annisa, N. H. (2019). Pengaruh Peningkatan Berat Badan Selama Kehamilan Terhadap Berat Badan Bayi Baru Lahir Di Puskesmas Kediri Tahun 2016. Bunda Edu-Midwifery Journal (BEMJ), 2(2), 16-23.

Damayanti, D. S., & Wati, D. F. (2021). Hubungan Perineum Massage, Paritas, Dan Berat Badan Bayi Baru Lahir Dengan Kejadian Rupture Perineum. Jurnal Untuk Masyarakat Sehat (JUKMAS), 5(1), 52-60.

Dinkes Bulukumba, 2016, Profil Kesehatan Kabupaten Bulukumba.

Lestari, T. R. P. (2020). Pencapaian Status Kesehatan Ibu Dan Bayi Sebagai Salah Satu Perwujudan Keberhasilan Program Kesehatan Ibu Dan Anak. Kajian, 25(1), 75-89.

Prasetyawan, R. D., Rosuli, A., & Munif, B. (2021). Standar Discharge Planning terhadap Keterampilan Ibu Primipara dalam Memandikan Bayi Baru Lahir. Journal of Telenursing (JOTING), 3(1), 319-325.

Sapurtri, I. N., Handayani, D., & Nasution, M. N. (2019). Pengaruh Perawatan Metode Kanguru Terhadap Peningkatan Suhu Tubuh Bayi Berat Lahir Rendah di NICU Rumah Sakit GrandMed Lubuk Pakam Tahun 2018. Jurnal Penelitian Kebidanan & Kespro, 1(2), 6-9.

Tangke, M. F. (2021). Literature Review: Pengaruh Metode Kanguru Terhadap Peningkatan Suhu Tubuh Bayi BBLR Yang Mengalami Hipotermi (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kupang).

Wati, R. C. R., Etika, R., & Yunitasari, E. (2019). Pengaruh Perawatan Metode Kanguru Terhadap Respon Fisiologis Bayi Berat lahir Rendah. Pediomaternal Nursing Journal, 5(2), 175-182.
Published
2022-02-20
How to Cite
Saddullah, I., Rosdianah, R., & Baharuddin, A. (2022). Efektifitas Metode Kanguru Terhadap Peningkatan Berat Badan Pada Bayi Baru Lahir di Puskesmas Ujung Loe Bulukumba. Jurnal Promotif Preventif, 4(2), 83-87. https://doi.org/10.47650/jpp.v4i2.346