Implementasi Fungsi Manajemen Pelayanan Kesehatan Pada Program Pengendalian Infeksi Saluran Pernapasan Akut

  • Mas’ud Maumude Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
  • Lusyana Aripa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
  • Sumardi Sudarman Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Pancasakti, Makassar
Keywords: Fungsi manajemen, upaya pelayanan kesehatan, ISPA pada balita

Abstract

Pelayanan kesehatan merupakan salah satu hak mendasar masyarakat yang penyediaannya wajib diselenggarakan oleh pemerintah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi fungsi manajemen pelayanan kesehatan program pengendalian penyakit ISPA pada balita dengan di Puskesmas Polongbangkeng Utara Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. subjek penelitian diperoleh menggunakan Teknik proposive sampling, serta pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan observasi. Fungsi manajemen pelayanan kesehatan program P2 ISPA sudah ada, yaitu adanya POA pelaksana program P2 ISPA. Namun pada fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan, belum dapat meminimalisir jumlah penderita ISPA pada balita. Kepala Puskesmas seharusnya membuat kebijakan terkait perencanaan program yang sesuai prosedur dan meningkatkan sumber daya manusia atau tenaga kesehatan terkait pelaksanaan program P2 (pengendalian penyakit) ISPA pada balita sehingga ada tolak ukur yang dapat dilihat untuk melakukan pengendalian ISPA pada balita.

References

Arker (1985) dalam Putranto. (2007). Epidemiologi ISPA (Infeksi SaluranPernapasan Akut). Bandung: Rineka Citra.

Candida (2016). Upaya Pelayanan Kesehatan ISPA di Puskesmas. Digital Repository. Skripsi Repository Universitas Jember

Hasibuan, Malayu S.P., 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Kementrian Kesehatan. (2015). Riset Kesehatan Dasar; Riskesdas. Jakart Balitbang Kemenkes RI.

Manullang (2009) Manajemen Kesehatan Masyarakat di Puskesmas Kota Makassar.Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia http://jurnalmanajemen.com.

Permenkes RI, (2014). UU Kesehatan No.Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Rahmawati (2018). Implementasi Fungsi Manajemen Program Promotif dan Preventif Penatalaksanaan Ispa Pada Balita Di Puskesmas Kassi Kassi Kota Makassar TAHUN 2018. Srkipsi Universitas Alauddin Makassar.

Saenal, J. (2017). Faktor Risiko yang Mempengaruhi Kejadian Pneumonia Pada Balita di Puskesmas Medan Krio Kabupaten Deli Serdang Tahun 2017,1(2). Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti Syadad (2008) POAC (Planning, Organization, Actuating, Controlling). Jurnal MKMI vol.2 no.1

Susanti (2017) Analisis program penanggulangan ispa pada balita di puskesmas lansek tahun 2017) Tesis Diploma, Universitas Andalas. http://scholar.unand.ac.id

Terry, George R, dan Leslie W. Rue,1999. Dasar-Dasar Manajemen. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta:

Wahyudin, B. (2012) Karakteristik Klinik Penyakit Saluran Nafas pada Anak Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.
Published
2023-01-24
How to Cite
Maumude, M., Aripa, L., & Sudarman, S. (2023). Implementasi Fungsi Manajemen Pelayanan Kesehatan Pada Program Pengendalian Infeksi Saluran Pernapasan Akut. Jurnal Promotif Preventif, 6(1), 90-103. https://doi.org/10.47650/jpp.v6i1.698