Relationship of Compensation With Nurse Performance in Sundari Hospitals

  • Eki Maryo Departemen Keperawatan Program Sarjana, Universitas Aufa Royhan Padangsidimpuan, Indonesia
Keywords: Compensation, nurse performance

Abstract

Kinerja perawat yang baik merupakan jaminan kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan terhadap pasien baik yang sakit maupun sehat. Kemampuan perawat sebagai pelaksana pelayanan dengan menggunakan standar praktik keperawatan sehingga hasilnya dapat dinilai sebagai kinerja untuk mengevaluasi pelayanan keperawatan yang telah diberikan menjadi lebih terarah.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kompensasi dengan kinerja perawat di rumah sakit umum Sundari. Desain penelitian ini menggunakan survey analitik dengan pendekatan cross sectional, Teknik pengambilan sampel adalah total sampling sampel berjumlah 71 responden, uji yang digunakan adalah chi-square. Hasil penelitian ini dengan menggunakan uji stastik pearson chi-square, didapatkan hasil p-value = 0,011 < α = 0.05, artinya bahwa ada hubungan kompensasi dengan kinerja perawat di rumah sakit umum Sundari. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara statistik ada hubungan yang signifikan antara kompensasi dengan kinerja perawat di rumah sakit umum Sundari. Disarankan agar rumah sakit dapat meningktakan kompensasi yang diterima perawat untuk meningkatkan motivasi kerja perawatnya sehingga menimbulkan kinerja yang baik.

References

Fitrianasari, D., Nimran, U., & Utami, H. N. (2013). Pengaruh Kompensasi dan Kepuasan Kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kinerja Karyawan (Studi pada Perawat Rumah Sakit Umum “Darmayu” di Kabupaten Ponorogo). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1).

Insan, P. D., & Yuniawan, A. (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif, Lingkungan Kerja, Kompensasi Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Bagian Keperawatan Rsud Tugurejo Semarang). Diponegoro Journal of Management, 40–52.

Kalalo, C. N., Sjattar, E. L., & Natzir, R. (2018). Correlation Between Compensation and Work Satisfaction with Nurses’ Performance through Motivation in Bethesda Public Hospital of Tomohon. Indonesian Contemporary Nursing Journal, 12–21.

Mandagi, F. M., Umboh, J. M. L., & Rattu, J. A. M. (2015). Analisis Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Kinerja Perawat Dalam Menerapkan Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Bethesda Gmim. EBiomedik, 3(3).

Mangkunegara, A. A. A. P. (2016). Manajemen sumber daya manusia perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Martinus, E. (2016). Pengaruh Kompensasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Devina Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(1).

Moeheriono, E., & Si, D. M. (2012). Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika.

Pratama, S. A. (2015). Pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan (Studi pada karyawan PT. Asuransi Jiwasraya persero regional office Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1).

Zahara, Y., Sitorus, R., & Sabri, L. (2011). Faktor-Faktor Motivasi Kerja: Supervisi, Penghasilan, dan Hubungan Interpersonal Mempengaruhi Kinerja Perawat Pelaksana. Jurnal Keperawatan Indonesia, 14(2), 73–82.
Published
2021-09-30