Factors Related Treatment Compliance With Pulmonary Tuberculosis In The Working Area Of Bangkala Health Center, Makassar City

  • Hasna Wati Universitas Megarezky
  • Hairuddin K Universitas Megarezky
  • Risna Damayanti Universitas Megarezky
Keywords: Knowledge, attitude, behavior, tuberculosis

Abstract

Tuberkulosis (TB) Paru merupakan penyakit menular langsung yang di sebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Kepatuhan pengobatan TB Paru merupakan hal yang sangat penting, karena bila pengobatan tidak dilakukan secara teratur dan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditentukan maka akan dapat menimbulkan kekebalan kuman TB terhadap Obat Anti TB secara meluas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan perilaku penderita TB Paru terhadap kepatuhan berobat di wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 45 orang dengan besar sampel 30 responden berdasarkan kriteria inklusi, dengan menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu purpossive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, kemudian diolah dan dianalisis secara univariat, dan analisis bivariat menggunakan uji chi square (ρ< α=0,05). Hasil analisis bivariat didapatkan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan (ρ=0,016), sikap (ρ=0,024), perilaku (ρ=0,026). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang siginifikan antara pengetahuan, sikap dan perilaku penderita TB Paru terhadap kepatuhan berobat di Wilayah Kerja Puskesmas Bangkala Kota Makassar.

References

Aditama, T. Y., 2017. Tuberkulosis rokok & perempuan. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Budiharto, 2018. Pengantar Ilmu Prilaku Kesehatan dan Pendidikan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Dinkes, 2021. Profil Kesehatan Kota Makassar. Januari.

Erawatyningsih, 2019. Faktor faktor yang berhubungan dengan ketidakpatuhan berobat pada penderita Tuberkulosis Paru.

Fibriana, L. P., 2019. Hubungan antara sikap dengan prilaku keluarga tentang pencegahan penyakit menular Tuberkulosis.

Firdaus, 2018. Faktor faktor penderita Tuberkulosis Paru putus berobat.

Kemenkes, 2019. Buletin jendela epidemiologi tuberkulosis di Indonesia. Analisis epidemiologi deskriptif tuberkulosis di Indonesia.

Konoli, F., 2018. Pengantar Epidemiologi Penyakit Menular untuk Mahasiswa Kesehatan Masyarakat.

Nugroho, H., 2021. Hubungan tingkat penghasilan, pendidikan, pengetahuan dan sikap pencehatan serta pengobatan dengan penyakit TBC di BPKPM Surakarta.

Pasek, 2018. Hubungan persepsi dan tingkat pengetahuan penderita Tuberkulosis dengan kepatuhan berobat di Puskesmas Buleleng. ejournal.litbang.depkes.go.id.

Saryaono, 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jogjakarta: Mitra Cendikia.

Notoatmojo S., 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

(WHO), W.H.O, 2017. Maternal Mortality. Wold Health Organization
Published
2021-09-30
How to Cite
Wati, H., K, H., & Damayanti, R. (2021). Factors Related Treatment Compliance With Pulmonary Tuberculosis In The Working Area Of Bangkala Health Center, Makassar City. ancasakti ournal f ublic ealth cience nd esearch, 1(2), 143-148. https://doi.org/10.47650/pjphsr.v1i2.271