PERBANDINGAN PERSEPSI REMAJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DI KOTA MAKASSAR

  • Imam Mukti Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
  • Abdul Halim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
  • Muhammad Asriadi Universitas Negeri Makassar
Keywords: Persepsi, Remaja, Keterbukaan Diri, Instagram

Abstract

Instagram merupakan salah satu media sosial, dimana pengguna dapat meng-edit, mem-posting foto atau video. Instagram menggunakan sistem follower dan following. Follower berarti pengguna lain yang mengikuti kita, dan following adalah pengguna instagram lain yang kita ikuti. Pengguna intagram dapat berpartisipasi secara langsung dengan pengguna lain melalui komentar di foto atau video yang di-update, memberikan tanggapan seperti like. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan persepsi remaja laki-laki dan perempuan terhadap keterbukaan diri (self disclosure) pada media sosial instagram di kota Makassar. Penelitian ini menggunakan angket yang dikirim menggunakan link googleform, serta melalkukan interview terhadap beberapa remaja laki – laki dan remaja perempuan, wawancara dilakukan untuk mengkonfirmasi dan mempertegas hasil analisis yang dilakukan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 1000 (seribu) responden yang menjawab bahwa perbandingan persepsi remaja laki - laki dan remaja perempuan terhadap self disclosure pada media sosial Instagram, yakni, remaja perempuan lebih terbuka dibandingkan dengan remaja laki-laki. Keterbukaan diri remaja perempuan di sosial media Instagram menunjukkan perbedaan yang sangat besar dan siginifikan dibanding dengan remaja laki – laki. Karena intensitas remaja perempuan dalam menagkses dan menggunakan media social Instagram lebiah banyak disbanding dengan remaja laki-laki. Hal ini terkonfirmasi dari hasil penelitian yaitu Keterbukaan remaja perempuan pada media social Instagram sebesar 69% sedangkan laki-laki 31%.

References

Agianto, R., Setiawati, A., & Firmansyah, R. (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Gaya Hidup dan Etika Remaja. TEMATIK - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2 SE-Articles), 130–139. https://jurnal.plb.ac.id/index.php/tematik/article/view/461

Alimuddin, A. B., Sadjad, R. S., & Najib, M. (2014). Sikap dan Perilaku Remaja Perempuan dalam Ajang Gaul Melalui Media Sosial Facebook. Komunikasi KAREBA, 3(4), 218–225.

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343

Cangara, H. (2015). Pengantar ilmu komunikasi. : edisi kelima. Bogor : RajaGrafindo Persada.

Ernawati, & Muh. Resa Yudianto Suldani. (2020). Perubahan Perilaku Komunikasi Kaum Perempuan Pengguna Instagram Stories Di Kota Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 9(2), 330–340.

Fujiawati, F. S., & Raharja, R. M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial ( Instagram ) Sebagai Media Penyajian Kreasi Seni Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 6(1), 32–44.

Leaver, T., Highfield, T., & Abidin, C. (2020). Instagram: Visual social media cultures. John Wiley & Sons.

Mahendra, B., Communications, M., & Security, G. P. (2017). Eksistensi Sosial Remaja dalam Instgram. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 151–160. www.frans.co.id

Mukti, I. (2022). Representasi Perempuan dalam Iklan. Insan Cendekia Mandiri.

Mukti, I., Sultan, I., & Bahfiarti, T. (2015). Semiotika Ikon Perempuan Pada Iklan Mobil Dalam Majalah Otomotif Autoexpert. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(3), 344–359.

Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Remaja. Communication, 8(1), 51. https://doi.org/10.36080/comm.v8i1.651

Putri, D. E. (2016). Analisis Perilaku Mimetik Di Kalangan Siswi Sma Negeri 1 Makassar Terhadap Tren Fashionista Instagram. Jurnal Komunikasi KAREBA, 5(2), 349–367. https://media.neliti.com/media/publications/93770-ID-none.pdf

Ramadhani Rusdin, F., & Gafar, A. (2016). Media Sosial Dan Pola Perilaku Komunikasi Siswa Sma Negeri 1 Makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA Januari -­‐ Juni, 5(1).

Saleh, G.-, & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together.” Jurnal Komunikasi, 10(2), 103. https://doi.org/10.24912/jk.v10i2.2673

Sari, D. N., & Basit, A. (2020). Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 23–36. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4428

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta, 28, 1–12.

Published
2024-01-09
How to Cite
Mukti, I., Halim, A., & Asriadi, M. (2024). PERBANDINGAN PERSEPSI REMAJA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DI KOTA MAKASSAR. ORE: ournal of ommunication esearch, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.47650/core.v2i1.1216