STRATEGI KOMUNIKASI PERUSAHAAN DAERAH (PD) PARKIR KOTA MAKASSAR DALAM MENSOSIALISASIKAN PARKIR ELEKTRONIK DI KOTA MAKASSAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, bagaimana Strategi komunikasi Perusahaan Daerah (PD) parkir Kota Makassar dalam Mensosialisasikan Parkir elektronik di Kota Makassar serta untuk mengetahui apa faktor yang mempengaruhi Strategi komunikasi Perusahaan Daerah (PD) parkir dalam Mensosialisasikan parkir elektronik di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif, dengan jumlah responden 9 orang dan memakai tiga teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian analisis data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi PD. Parkir Kota Makassar menggunakan platform media sebagai basis publisitas dan team mobile patroli serta pemanfaatan sumber daya juru parkir, namun upaya yang dilakukan belum optimal. Sedangkan faktor yang mempengaruhi strategi komunikasi PD. Parkir yaitu 1) Faktor Pendukung antara lain: Platform media; Team patroli mobile, dan; Sumber daya jukir. Sedangkan Faktor Penghambat adalah Kurangnya pengawasan dan pengelolaan terhadap penyebaran informasi; Minimnya peran Humas PD parkir; Kepedulian masyrakat yang rendah, dan Kurangnya pemanfaatan fungsi dan sumber daya pengawas pada setiap titik terminal parkir elektronik.
References
Aldoory, L., & Grunig, J. E. (2012). The rise and fall of hot-issue publics: Relationships that develop from media coverage of events and crises. International Journal of Strategic Communication, 6(1), 93-108. doi:10.1080/1553118X.2011.634866
Bungin, B. (2017). Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. PT. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.
Cheng, Y. (2020). Contingent organization-public relationship (COPR) matters: Reconciling the contingency theory of accommodation into the relationship management paradigm. Journal of Public Relations Research. doi:10.1080/1062726X.2020.1830405
Downey, J. (2017). For public communication: Promises and perils of public engagement. Javnost - The Public. doi:10.1080/13183222.2017.1288779
Effendy, O. U. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Effendy, O. U. (2015). Ilmu, komunikasi teori dan praktek komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.
Feng, G. C. (2020). Determinants of institutional excellence in Asian communication research. Asian Journal of Communication. doi:10.1080/01292986.2020.1833952
Feldman, A. D. (1986). Bases and subgroup embeddings in finite solvable groups. Archve Der Mathematik, 47, 481–492.
Grunig, J. E., Larissa A. G., Sriramesh, K., Huang, Y-H, & Lyra, A. (1995). Models of public relations in an international setting. Journal of Public Relations Research, 7(3), 163-186.
Hafied, C. (2014). Perencanaan dan strategi komunikasi. PT. Raja Grafindo persada: Jakarta.
Mangkunegara, A. P. (2015). Sumber daya manusia perusahaan. Cetakan ke dua belas. PT. Remaja Rosda Karya: Bandung.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative data analysis, a methods sourcebook (Edition 3). USA: Sage Publication.
Rachmat, K. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Edisi Ketujuh. PT. KENCANA: PrenadaMedia Group: Jakarta.
Republik Indonesia. (2004). Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Otonomi Daerah.
Republik Indonesia. (2006). Peraturan Daerah Kota Makassar Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Penegelolaan Parkir Tepi Jalan Umum Dalam Daerah Kota Makassar.
Soejono, S. (2012). Sosiologi suatu pengantar. PT. Raja Grafindo: Jakarta.
Sugiarto, A., & Wahyono, T. (2015). Manajemen kearsipan modern dari konvensional ke basis komputer. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Susanto, A. (2017). Teori belajar dan pembelajaran. PrenadaMedia Grup: Jakarta.
Tam, L., Kim, J-N, Grunig, J. E, Hall, J. A., & Swerling, J. (2020). In search of communication excellence: Public relations‟ value, empowerment, and structure in strategic management. Journal of Marketing Communications. doi:10.1080/1352
Copyright a licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.