STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH MAKAN MBAK DAENG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DIKALANGAN KONSUMEN POTENSIAL

  • Donatus Susanto Universitas Pancasakti Makassar
  • Erniwati Erniwati Universitas Pancasakti Makassar
  • Fatma Fatma Universitas Pancasakti Makassar
  • Abdul Halim Universitas Pancasakti
Keywords: Strategi pemasaran, merek, komunikasi pemasaran

Abstract

Berkembangnya industri kuliner di Indonesia, para pemasar di tantang untuk meningkatkan reputasi merek mereka. Reputasi merek sangat penting, seiring dengan banyaknya jumlah merek yang beredar di pasaran. Peningkatan reputasi merek dapat dilakukan dengan pemakaian berbagai media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah pendekatan yang melaporkan keadaan objek maupun subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya pada saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Mbak Daeng melakukan strategi komunikasi dengan memanfaatkan media sosial dan telah memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan penjualan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat kepuasan yang dimiliki oleh konsumen serta kesan yang diberikan oleh konsumen terkait dengan produk, tempat, harga, dan promosi yang dilakukan.

References

Amanah, D., & Harahap, D. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan terhadap Kesadaran Merek Pelanggan. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 11(3), 207.

Anisyahrini, R., & Bajari, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Clothing Line di Instagram. PRofesi Humas, 3(2), 237–254.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Ramaputra, M. A., & Afifi, S. (2021). Analisis Strategi Kreatif Konten Promosi Usaha Foodies Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 5(2), 67–81.

Siregar, N. A., & Maysaroh, S. (2023). Strategi Komunikasi Bisnis dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 2623–2630.

Sutikno, M. S., & Hadisaputra, P. (2020). Penelitian Kualitatif. Lombok: Holistica.

Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1).

Wiksana, W. A. (2017). Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 121–131.

Published
2024-07-26
How to Cite
Susanto, D., Erniwati, E., Fatma, F., & Halim, A. (2024). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH MAKAN MBAK DAENG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DIKALANGAN KONSUMEN POTENSIAL. ORE: ournal of ommunication esearch, 2(2), 23-36. https://doi.org/10.47650/core.v2i2.1385