PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI PEMERINTAH OHOI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI OHOI DIAN DARAT KABUPATEN MALUKU TENGGARA

  • Susilawati Belekubun STIS TUAL
  • Muhamad Tamin Rumra STIS TUAL
  • Ratna Sari Tamher STIS TUAL
  • Yelika Yudit Oraile STIS TUAL
Keywords: komunikasi organisasi, Pendidikan, Proses Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengdeskripsikan Peran Komunikasi Organisasi Pemerintah Dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Dian Darat. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode kualitatif. Penelitain ini dilaksanakan di Desa Dian Darat Dalam meningkatkan pendidikan. Informan atau subjek penelitian sebanyak 7 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi serta materi audio dan visual. Tahapan analisis data yang digunakan mengacu kepada model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu preduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukan Pemerintah Desa Dian Darat telah melakukan peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan pendidikan di Desa Dian Darat, dengan bebrapa program diantaranya: melakukan kerja sama dengan Tokoh agama dan pemuda yang ada dalam hal mengedukasi, memotivasi dan mensosialisasikan pentingnya pendidikan bagi setiap pelajar di Desa, adanya jam belajar yang dilakukan setiap jam 18.00-21.00 dengan memutarkan lagu belajar guna mengingatkan jam belajar, begitu juga penyediaan Wifi gratis untuk mendukung proses balajar mereka, dan yang terakhir adalah pengadaan bantuan berupa KIP untuk meringankan pembiayaan anak sekolah bagi anak kurang mampu di Desa Dian darat.

References

Alam, A. S., & Prawitno, A. (2015). Pengembangan Kapasitas Organisasi dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bone. Government: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 8(2), 93–104.

Aminah, S., & Sutanto, H. P. (2018). Analisis Tingkat Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa di Kabupaten Bogor. Matra Pembaruan, 2(3), 149–160.

Aprilia, S. N., Wijaya, A. F., & Suryadi, S. (2014). Efektivitas website sebagai media e-government dalam meningkatkan pelayanan elektronik pemerintah daerah (studi pada website pemerintah daerah Kabupaten Jombang). Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 17(2), 126–135.

Arsa, P. L.C., & Maesaroh, M. (2014). Studi Pengembangan Kapasitas Lembaga Pendidikan Pada Tingkat Kelembagaan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Journal of Public Policy and Management Review, 3(4), 117-126.

Aryansah, I. (2013). Iklim organisasi dan kualitas kehidupan kerja karyawan. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 10(1), 75–86.

Asmoko, H. (2013). Teknik Ilustrasi Masalah-Fishbone Diagrams. Magelang: BPPK.

Bukit, B., Malusa, T., & Rahmat, A. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia. In Zahir Publishing.

Chairina. (2014). Faktor-faktor Kesuksesan Implementasi E-Government di Provinsi Jawa Barat Menggunakan Analisis Hermeneutik. Universitas Indonesia.

Dilago, W., Laloma, A., & Plangiten, N. (2019). Komunikasi Pemerintah Desa Dalam Perencanaan Pembangunan Desa Suatu Studi Di Desa Soatobaru Kecamatan Galela Barat Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Administrasi Publik, 5(76).

Dwihastari, S. (2017). Analisis Pengembangan Kapasitas Kelembagaan pada Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 6(2), 215–225.

Fajarwati, N. (2019). Pengembangan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dalam Rangka Mewujudkan Good Governance Capacity Building Village Government Apparatus to Realize Good Governance.

Fauzi, L. M. (2016). Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Daerah dalam Proses Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi Volume VI.

Hutagalung, S. S., Utoyo, B., & Mulyana, N. (2018). Penguatan Promosi Desa Melalui Pengembangan Kapasitas Aparatur Dalam Pengelolaan Sistem Informasi Manajemen Desa di Kecamatan Buay Bahuga Kabupaten Way Kanan. Prosiding Seminar Nasional Penerapan IPTEKS.

Intan, K. (2010). perkembangan Diacronis administrasi public (dari new public management ke good governance. 2, 318. Janet V Denhart dan Robert B Denhardt. (2003). The New Public Service: Serving, not steering. Standar Pelayanan Minimal, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Jenivia Dwi Ratnasari, Mochamad Makmur, H. R. (2016). Pengembangan Kapasitas (Capacity Building) Kelembagaan Pada Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang. Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(3), 103–110.

Khristianto, W. (2007). E-Government: Stages Model, Model Kemitraan Dan Kesiapan Organisasi (Suatu Kajian Awal).

Linda, I. (2019). Penguatan Kapasitas Pemerintahan Desa di Desa Sukajaya Kecamatan Cimerka Kabupaten Pangandaran. Dinamikia. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(4), 231–240.

Maksum, M. A., Maarif, M. S., Syaufina, L., & Zuhriana, D. (2019). Evaluasi Keberlanjutan Program Pengembangan Kapasitas SDM Pengendalian Karthutla dengan Metode Rapfire. Tata Loka, 21(3), 521–536

Published
2024-07-30
How to Cite
Belekubun, S., Rumra, M., Tamher, R., & Oraile, Y. (2024). PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI PEMERINTAH OHOI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI OHOI DIAN DARAT KABUPATEN MALUKU TENGGARA. ORE: ournal of ommunication esearch, 2(2), 46-55. https://doi.org/10.47650/core.v2i2.1431