STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM MENANGANI KRISIS KEPERCAYAAN PUBLIK (ANALISIS TEMATIK ATAS PERTEMUAN PRESIDEN PRABOWO DENGAN TUJUH PIMPINAN REDAKSI MEDIA NASIONAL)

  • Irfany Irfany Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pancasakti
Keywords: Komunikasi Politik, Kepercayaan publik, Media, Prabowo, Strategi Krisis

Abstract

Tulisan ini menyoroti strategi komunikasi politik yang dijalankan oleh Presiden Prabowo Subianto dalam menghadapi situasi krisis kepercayaan publik. Respons komunikatif tersebut dilakukan melalui dialog terbuka bersama tujuh pemimpin redaksi media nasional, yang ditayangkan secara luas melalui kanal resmi pemerintah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis tematik Braun dan Clarke. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat empat strategi kunci dalam komunikasi Prabowo, yakni refleksi kepemimpinan, transparansi naratif, penguatan hubungan dengan media, serta penggunaan simbol-simbol nasionalisme moral. Temuan ini memperlihatkan bahwa komunikasi politik yang terbuka, reflektif, dan manusiawi memiliki peran penting dalam membangun kembali kepercayaan masyarakat terhadap institusi negara

References

Antaranews. (2025). Prabowo wawancara dengan tujuh pimpinan redaksi media nasional. Diakses dari https://www.antaranews.com

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Coombs, W. T. (2007). Ongoing Crisis Communication: Planning, Managing, and Responding (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Edelman, M. (1988). Constructing the Political Spectacle. Chicago: University of Chicago Press.

Grunig, J. E., & Hunt, T. (2002). Managing Public Relations. Fort Worth: Harcourt Brace College Publishers.

Habermas, J. (1984). The Theory of Communicative Action: Volume One—Reason and the Rationalization of Society. Boston: Beacon Press.

Manunggal.undip.ac.id. (2025). Presiden Prabowo mengakui kelemahan komunikasi kabinet. Diakses dari https://manunggal.undip.ac.id

Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoorman, F. D. (1995). An integrative model of organizational trust. Academy of Management Review, 20(3), 709–734. https://doi.org/10.5465/amr.1995.9508080335

McNair, B. (2011). An Introduction to Political Communication (5th ed.). London: Routledge.

Nimmo, D. (2001). Political Communication and Public Opinion in America. New York: Longman.

Nimmo, D. (2005). Komunikasi Politik: Komunikator, Pesan, dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Seeger, M. W., Sellnow, T. L., & Ulmer, R. R. (2003). Communication and Organizational Crisis. Westport, CT: Praeger.

Suchman, M. C. (1995). Managing legitimacy: Strategic and institutional approaches. Academy of Management Review, 20(3), 571–610. https://doi.org/10.5465/amr.1995.9508080331

Tempo.co. (2025). Hendri Satrio: Pemerintah Akar Krisis Kepercayaan Publik. Diakses dari https://www.tempo.co

YouTube Sekretariat Presiden. (2025, April). Pertemuan Presiden Prabowo dengan 7 Pemimpin Redaksi Media Nasional [Video]. Diakses dari https://www.youtube.com.

Published
2025-07-17
How to Cite
Irfany, I. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM MENANGANI KRISIS KEPERCAYAAN PUBLIK (ANALISIS TEMATIK ATAS PERTEMUAN PRESIDEN PRABOWO DENGAN TUJUH PIMPINAN REDAKSI MEDIA NASIONAL). ORE: ournal of ommunication esearch, 3(2), 13-21. https://doi.org/10.47650/core.v3i2.2219
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 15 times