EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA APARAT DI DESA WEJANG MALI KECAMATAN LAMBA LEDA TIMUR KABUPATEN MANGGARAI TIMUR
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi merupakan salah satu penunjang dalam aktifitas manusia sehari-hari. Tak terkecuali di Desa Wejang Mali Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur, khususnya para aparat Desa yang menjalankan roda pemerintahan di Desa. Teknologi memiliki peran penting dalam menunjang efektitas kerja aparat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas penggunaan teknologi komunikasi terhadap kinerja aparat di desa Wejang Mali Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur. Dengan menggunakan metode kualitatif, ditemukan bahwa penggunaan teknologi komunikasi sangat berpengaruh terhadap efektifitas kinerja aparat Desa khususnya dalam pelayanan kepada masyarakat. Faktor kerjasama merupakan pendukung dalam meningkatkan kinerja aparat desa. Sementara kurangnya pengetahuan akan teknologi serta jaringan internet yang masih kurang memadai menjadi salah satu faktor penghambat dalam efektifitas kinerja aparat Desa Wejang Mali Kecamatan Lamba Leda Timur Kabupaten Manggarai Timur.
References
Abdul, K., & Triwahyuni, T. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.
Effendy, O. U. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditia Bakti.
Kasmir, S. E. (2015). Studi Kelayakan Bisnis: Edisi Revisi. Prenada Media. Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mukhsin, M. (2020). Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa dalam Publikasi Informasi Desa di Era Globalisasi. Teknokom, 3(1), 7-15.
Ratmanto, T. (2005). Determinisme Teknologi dalam Teknologi Komunikasi dan Informasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 6(1), 43–50.
Rusman, D. K., & Riyana, C. (2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Rajawali Pers.
Satriani, F. (2021). evaluasi fungsi lurah di kelurahan pasar usang baserah kecamatan kuantan hilir kabubaten kuantan singingi. juhanperak, 2(2), 548–564.
Sedarmayanti, S., & Rozadin, D. (2014). Analisis Kualitas Pelayanan Pegawai Primer Koperasi Kartika Yuddha Mandiri Pussenif Tni Ad. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 11(1), 110–126.
Steers, R. M. (1998). Efektifitas organisasi (kaida perilaku). Erlangga.
Copyright a licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.