EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MURID DI SMPN 3 KOTA KOMBA, KEC. KOTA KOMBA, KABUPATEN MANGGARAI TIMUR

  • Maria Ndaring Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
  • Ismail Ismail Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
  • Fatma Fatma Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Pembelajaran Daring, Efektifitas, Siswa, Guru, SMPN 3 Komba

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berhentinya kegiatan pembelajaran tatap muka dalam waktu yang cukup lama, dan digantikan oleh sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) guna mengurangi penyebaran virus corona. Pembelajaran daring memiliki banyak tantangan, salah satunya adalah kurangnya efektivitas fokus siswa karena proses penyampaian materi tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka. Penelitian ini ingin melihat bagaimana efektivitas pembelajaran daring pada siswa dan guru di SMPN 3 Kota Komba, Kab. Manggarai Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Pengumpulan data dilakukan melalui pendekatan yang mendalam terhadap subjek penelitian, dengan dukungan tinjauan literatur yang telah ada sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring dalam hal pemahaman siswa di SMPN 3 Kota Komba masih belum efektif, disebabkan oleh berbagai kendala seperti keterbatasan sarana dan prasarana seperti ponsel, komputer, dan jaringan internet yang tidak stabil. Upaya yang telah dilakukan antara lain adalah memaksimalkan sumber daya yang tersedia, merancang desain pembelajaran yang mudah diakses oleh siswa, serta memilih aplikasi yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan siswa.

References

Hasibuan, R., Putra, D. I., & Nurdin, I. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Daring Google Classroom pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 21(2), 126-137.

Hakim, L. (2009). Pengaruh Perencanaan Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Alung. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(2), 47-56.

Ida Maskanah. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(1), 9-20.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Wibowo, M. E., & Rachmawati, E. (2020). The Online Learning Implementation in Indonesia during the COVID-19 Pandemic: Study of Policy and Its Impact on Digital Citizenship and Learning Habit. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90-107.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Instructional Technology and Media for Learning. Prentice Hall.

Trianto. (2020). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara.

Winaputra, U. S. (2005). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(35), 44-59.

Published
2023-06-23
How to Cite
Ndaring, M., Ismail, I., & Fatma, F. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN DARING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MURID DI SMPN 3 KOTA KOMBA, KEC. KOTA KOMBA, KABUPATEN MANGGARAI TIMUR. ORE: ournal of ommunication esearch, 1(2), 23-30. https://doi.org/10.47650/core.v1i2.883