KOMUNIKASI`ANTARPRIBADI GURU DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI, PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN DI SEKOLAH (SD) NEGERI 4 KATOI KABUPATEN KOLAKA UTARA

  • Asmurti Asmurti Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik, Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
  • Nur Hikmah Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Politik, Universitas Nahdlatul Ulama Sulawesi Tenggara
Keywords: Komunikasi antarpribadi, Motivasi, Kompetensi Komunikasi

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai komunikasi antarpribadi guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi, Pengetahuan dan Keahlian di Sekolah dasar (SD) Negeri 4 Katoi Kabupaten Kolaka Utara. Lokasi penelitian ini berada di SD Negeri 4 Katoi, Desa Tobaku, kabupaten Kolaka Utara. Data dikumpulkan dan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan terjun langsung ke lapangan yang bertujuan untuk mengetahui komunikasi antarpribadi guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keahlian di Sekolah dasar (SD) Negeri 4 Katoi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 7 orang. Hasil dari penelitian ini ada dua yaitu pertama komunikasi antarpribadi guru dengan siswa dalam meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keahlian di Sekolah dasar (SD) Negeri 4 Katoi memperoleh hasil yang cukup baik hal tersebut dapat kita lihat bahwa siswa dapat merubah sikap dan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Selain itu, mereka sudah mulai memenangkan kompetisi pada kegiatan-kegiatan yang berada di Kabupaten Kolaka Utara. Kedua, Faktor Pendukung yaitu guru antuasias dalam melakukan pendekatan kepada siswa untuk menanyakan masalah yang dihadapi siswa. Faktor penghambat yaitu faktor noise atau gangguan ketika berkomunikasi berupa kegaduhan siswa-siswi yang membuat pesan atau informasi tidak berjalan dengan baik atau tidak efektif dan sikap tertutup atau pendiam hal ini membuat pesan yang disampaikan guru terkadang tidak mendapatkan feedback. 

References

Asmurti. (2018). Dampak Penggunaan Smartphone di Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Komunikasi Kareba, 6. (Online). Diakses pada Sabtu, 19 Maret 2022, dari http://id.scribd.com/document/493521918/Asmurti

Bachtiar, M. H. (2016). Implementasi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Membina Motivasi Kerja Guru di SMK Al-Hidayah Ciputat. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dasrun, H. (2012). Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Deddy Mulyana. (2010). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

_____________. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Roskadarya.

_____________. (2013). Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar (Cetakan Kelimabelas). Bandung: Remaja Rosdakarya.

_____________. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung, Indonesia: PT. Remaja Rosdakarya.

Ellis Ormord, J. (dalam Hary, 2018). Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang) (Edisi keenam, Jilid 2). (A. Kumara, Penerjemah). Jakarta: Erlangga.

Hari, S. N. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Masyariqul Anwar Tanjung Karang. Skripsi. Diakses pada Jumat, 13 Mei 2022, dari https://text-id.123dok.com/document/q7l379ny-komunikasi-interpersonal-guru-dalam-memotivasi-belajar-siswa-di-madrasah-ibtida-iyah-masyariqul-anwar-tanjung-karang-raden-intan-repository.html

Harsya Bachtiar, M. (2016). Implementasi Komunikasi Interpersonal Kepala Sekolah dalam Membina Motivasi Kerja Guru di SMK Al-hidayah Ciputat. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Janne Ellis Ormord. (dalam Hary, 2018). Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang) (Edisi keenam, Jilid 2). (A. Kumara, Penerjemah). Jakarta: Erlangga.

Khusnan Fadilah, A. (2018). Efektivitas Komunikasi Kepala Sekolah dalam Membangun Kualitas Kinerja Guru di Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Dukuwaluh Purwokerto. Repository, 32. (Online). Diakses pada Rabu, 16 Juni 2021, dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33391/1/SKRIPSI%20FULL.pdf

Mudri, M. W. (2010). Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Falasifa, 1(1).

Mulyana, D. (2010). Komunikasi Instruksional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Morreale, S. P., Spitzberg, B. H., & Barge, J. K. (2007). Human Communication: Motivation, Knowledge, and Skills (Edisi kedua). USA: Holly J. Alen, Thomson Wadswordh.

Ruliana, P. (2014). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers. Cetakan ke-1.

Saputra, D. (2015). Strategi Komunikasi Politik Calon Legislatif dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Menuju Pemilu 2014 di Kabupaten Kubar. Ejournal Ilmu Komunikasi, 170-184. Diakses pada 12 Mei 2021, dari https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

Sinaga, C. P., & Prasetyo, I. (2020). Komunikasi Interpersonal antara Pelatih dengan Murid Beladiri Jujitsu Indonesia di Dojo Wijaya Putra Surabaya. Jurnal Komunikasi Profesional, 42-57. Diakses pada Jumat, 13 Mei 2022, dari http://ejurnal.unitomo.ac.id/index.php/jkp

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suranto, A. W. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: PT Alvabeta.

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Walid Mudri, M. (2010). Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran. Jurnal Falasifa, 1(1).

Yusuf, P. M. (2010). Komunikasi Instruksional. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Published
2023-07-01
How to Cite
Asmurti, A., & Hikmah, N. (2023). KOMUNIKASI`ANTARPRIBADI GURU DENGAN SISWA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI, PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN DI SEKOLAH (SD) NEGERI 4 KATOI KABUPATEN KOLAKA UTARA. ORE: ournal of ommunication esearch, 1(2), 31-37. https://doi.org/10.47650/core.v1i2.884