PERSEPSI PENGGUNA DAN DAMPAK MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KAMPANYE PEMASARAN DAN KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE DIFASTORE MAKASSAR)

  • Nurdyansa Nurdyansa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
  • Nur Fadhila Amri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bosowa
Keywords: Persepsi Pengguna, Media Sosial, Efektifitas Kampanye Pemasaran, Kinerja Keuangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengguna media sosial mempersepsikan kampanye pemasaran toko online "Difastore Makassar". Pemahaman tentang persepsi pengguna terhadap kampanye pemasaran melalui media sosial dapat memberikan wawasan yang berharga tentang faktor-faktor apa yang mempengaruhi efektivitas kampanye tersebut. Selain itu, penelitian ini juga akan menganalisis bagaimana efektivitas kampanye pemasaran yang dilakukan melalui media sosial berdampak pada kinerja keuangan "Difastore Makassar". Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan informan yakni pemilik toko serta beberapa pelanggan difastore yang menggunakan facebook. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi positif pengguna terhadap kampanye pemasaran dan pengaruh media sosial yang kuat berdampak pada meningkatnya keputusan pembelian dan kinerja keuangan toko online. Faktor-faktor seperti kualitas konten, kesesuaian dengan target pasar, dan konsistensi pesan dapat memengaruhi efektivitas kampanye pemasaran melalui media sosial. penggunaan media sosial sebagai saluran pemasaran berhasil meningkatkan eksposur merek, menarik perhatian pengguna, dan meningkatkan konversi penjualan. Hal ini berdampak pada peningkatan pendapatan dan kinerja keuangan perusahaan.

References

Belk, R. W. (2013). Extended Self in a Digital World. Journal of Consumer Research, 40(3), 477–500.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2014). Consumer Behavior (11th ed.). Cengage Learning.

Homburg, C., Klarmann, M., & Schmitt, J. (2010). Brand Awareness in Business Markets: When Is It Related to Firm Performance? International Journal of Research in Marketing, 27(3), 201–212.

Hootsuite & We Are Social. (2021). Digital 2021: Global Overview Report. https://datareportal.com/reports/digital-2021-global-overview-report

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th ed.). Pearson Education.

Smith, M. D., & Zook, Z. (2011). Marketing Communications Effectiveness in a Digital World. Journal of Marketing Communications, 17(3), 179–196.

Social Media Examiner. (2021). Social Media Marketing Industry Report 2021: How Marketers Are Using Social Media to Grow Their Business. https://www.socialmediaexaminer.com/wp-content/uploads/2021/04/Industry-Report-2021.pdf

Statista. (2021). Number of Social Media Users Worldwide from 2017 to 2025. https://www.statista.com/statistics/278414/number-of-worldwide-social-network-users/

Published
2023-07-28
How to Cite
Nurdyansa, N., & Amri, N. F. (2023). PERSEPSI PENGGUNA DAN DAMPAK MEDIA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS KAMPANYE PEMASARAN DAN KINERJA KEUANGAN (STUDI KASUS PADA TOKO ONLINE DIFASTORE MAKASSAR). ORE: ournal of ommunication esearch, 1(2), 38-46. https://doi.org/10.47650/core.v1i2.885