STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENYELESAIAN KONFLIK DI ORGANISASI PELAJAR MAHASISWA YAHUKIMO PAPUA DI KOTA MAKASSAR

  • Yakup Heluka Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
  • Erniwati Erniwati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
  • Abdul Halim Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Startegi Komunikasi, Penyelesaian Konflik, Organisasi pelajar mahasiswa Yahukimo Papua, Efektifitas Komunikasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan dalam penyelesaian konflik di organisasi pelajar mahasiswa Yahukimo Papua di Kota Makassar. Melalui penelitian ini, diharapkan dapat ditemukan strategi komunikasi yang efektif untuk mengatasi konflik dalam organisasi tersebut. Penelitian ini juga dapat memberikan wawasan dan rekomendasi bagi organisasi pelajar mahasiswa Yahukimo Papua di Kota Makassar serta organisasi serupa dalam menangani konflik secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan informan sebanyak 15 orang dipilih secara purposive, termasuk ketua, sekretaris, bendahara, dan anggota organisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Strategi komunikasi OPMY meliputi sosialisasi, pertemuan, diskusi, kerja sama, dan penggunaan media online. Pertemuan tatap muka, rapat wajib, dan kegiatan lainnya digunakan untuk memperkuat komunikasi dan solidaritas di antara anggota. Komunikasi yang efektif juga dijaga melalui penggunaan grup chatting di media sosial untuk membagikan informasi dan memantau hasil pertemuan.
Meskipun terdapat beberapa hambatan seperti kesibukan individu, penggunaan smartphone yang berlebihan, dan kurangnya kesadaran sosial, OPMY berusaha mengatasi hambatan tersebut dengan mengatur waktu dengan bijak, meningkatkan partisipasi, menyelesaikan masalah secara cepat, dan meningkatkan kesadaran sosial.

References

Effendy, O. U. (2015). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Dougherty, J. E., & Pfaltzgraff, R. L. (1981). Contending Theories of International Relations: A Comprehensive Survey. HarperCollins Publishers.

Goldhaber, G. M. (20). Communication and Organizational Change. Handbook of Organizational Change and Innovation, 19.

Hovland, C. I., Janis, I. L., & Kelley, H. H. (Eds.). (1953). Communication and Persuasion: Psychological Studies of Opinion Change. Yale University Press.

Katz, D., & Kahn, R. L. (Eds.). (1978). The Social Psychology of Organizations. Wiley.

Peter T. Coleman, Morton Deutsch, & Eric C. Marcus (Eds.). (2016). The Handbook of Conflict Resolution: Theory and Practice. Wiley.

Redding, W. C. (20). The Role of Communication in Organizational Effectiveness. Organizational Communication: A Guide to Internal Communication, Public Relations, and Marketing Communications, 21.

Thayer, L. (20). Communication in Organizations. Handbook of Communication Science, 22.

Published
2023-06-30
How to Cite
Heluka, Y., Erniwati, E., & Halim, A. (2023). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENYELESAIAN KONFLIK DI ORGANISASI PELAJAR MAHASISWA YAHUKIMO PAPUA DI KOTA MAKASSAR. ORE: ournal of ommunication esearch, 1(2), 47 - 56. https://doi.org/10.47650/core.v1i2.886