UNSUR DAN NILAI BERITA DALAM PROSES PEMILIHAN HALAMAN BERANDA TRIBUNNEWSSULTRA.COM

  • La Taya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Haluoleo Kendari
  • Irmawati Irmawati Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Haluoleo Kendari
Keywords: Nilai Berita, Unsur Berita, Pemilihan Berita, Beranda Web

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan penerapan nilai berita (news values) dan unsur berita dalam proses pemilihan berita yang diterbitkan di halaman beranda berdasarkan standarisasi yang diterapkan TribunnewsSultra.com. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Analisis terhadap data dan informasi yang telah diperoleh dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan penulis tentang penerapan nilai berita (news values) dan unsur berita dalam proses pemilihan berita pada halaman beranda TribunnewsSultra.com, terdapat proses pemilihan berita yang berdasarkan standarisasi-standarisasi yang diterapkan oleh TribunnewsSultra.com melalui nilai berita dan unsur berita yang meliputi Fakta, Aktualitas (Timeliness), Pengaruh (Magnitude), Penting (Significance), Kedekatan (Proximity), Ketokohan (Prominence), dan Dampak (Impact). Sedangkan unsur berita yang dimaksud adalah terkait Apa

References

Al Falah, Zain. (2020). Tafsir dan Media Online. Guepedia.

Fadilia, Mitha Amalina. (2021). Penerapan Nilai Berita Keterkenalan (Prominence) dalam Kanal What’s di Media Broadcastmagz Periode Desember 2020. Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta.

Fauziah, Nurul. (2020). Layak berita Kelayak Jual: Nilai berita Jurnalisme Online Indonesia di Era Attention Economy. Jurnal Riset Komunikasi, 3(1).

Hamson, Zulkarnain. (2020). Mencerna Fakta Dalam Berita. Rakyat news, Referensi Media Terkini.

Hikmat Kusumaningrat, & Purnama Kusumaningrat. (2005). Jurnalistik Teori dan Praktik. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Littlejohn, W. Stephen. (2016). Teori Komunikasi: The of Human Communication (Edisi ke-9). Salemba Humanika.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Remaja Rosdakarya.

Nasrullah, Rulli. (2014). Teori dan Riset Media Siber (cybermedia). Prenadamedia Group Jakarta.

Nur Maurisa, Sheila. (2022). Penerapan Unsur berita 5W +1H Pada Kanal Humaniora Media Indonesia.com periode 1-3 Maret 2022. Program Studi Penerbitan (Jurnalistik). Jurusan Teknik Grafika Dan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta.

Rahma Danti, Hilyah. (2021). Penerapan Unsur Berita 5W +1H dalam Kanal Politik Berita Online Media Depok Pembaharuan periode Desember 2020. Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan Politeknik Negeri Jakarta. Penerbitan Jurnalistik.

Romli, M. Asep Syamsul. (2015). Jurnalistik Online, Panduan Pengelola Media. Nuansa Cendekia.

Rumanti, Maria Assumpta OSF. (2002). Dasar-Dasar Public Relation: Teori dan Praktik. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Ruyatnasih, Yaya. (2018). Pengantar Manajemen: Teori, Fungsi, dan Kasus (Edisi ke-2). Absolute Media.

Siswanto, Bedjo. (2018). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara.

Sucahyowati, Hari. (2017). Pengantar Manajemen: Buku pegangan mata kuliah pengantar manajemen. Wilis.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Cetakan ke-23). Alfabeta Bandung.

Suprihanto, John. (2014). Manajemen (Cetakan pertama). Gadja Mada University Press Anggota IKAPI.

Wahidar Ismi Tutut. (2021). Nilai Berita Pada Pemberitaan Bisnis Portal bertuahpos.com. Mediaum: Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi, 9(2).

Published
2023-06-10
How to Cite
Taya, L., & Irmawati, I. (2023). UNSUR DAN NILAI BERITA DALAM PROSES PEMILIHAN HALAMAN BERANDA TRIBUNNEWSSULTRA.COM. ORE: ournal of ommunication esearch, 1(2), 1-11. https://doi.org/10.47650/core.v1i2.887