DINAMIKA KOMUNIKASI DALAM MEMBENTUK PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN GENERASI MILENIAL

  • Nur Fadhila Amri Universitas Bosowa
  • Faridah Faridah Universitas Bosowa
  • Indrayani Nur Universitas Bosowa
Keywords: Dinamika komunikasi, Perilaku manajemen keuangan, Generasi milenial

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana dinamika komunikasi mempengaruhi perilaku manajemen keuangan generasi milenial di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku manajemen keuangan generasi milenial memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Generasi milenial cenderung lebih konsumtif, memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah, dan lebih berani mengambil risiko. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku manajemen keuangan generasi milenial meliputi literasi keuangan, sikap keuangan, kepribadian, faktor demografis, dan faktor lingkungan. Literasi keuangan merupakan faktor yang paling penting dalam mempengaruhi perilaku manajemen keuangan. Individu yang memiliki literasi keuangan yang tinggi cenderung memiliki perilaku manajemen keuangan yang lebih baik. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan literasi keuangan dan perilaku manajemen keuangan generasi milenial.

References

Aini, N., & Prasetya, S. (2020). Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Milenial di Indonesia. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 24(2), 228-240.

Amanah, E., Rahadian, D. D., & Iradianty, A. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan, Literasi Ekonomi, Dan Kesadaran Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Angkatan 2014-2015. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 4(1), 1-12.

Badan Pusat Statistik (BPS). (2022). Statistik Penduduk Indonesia 2021. Jakarta: BPS.

Faramitha, A., & Wahyudi, W., & Desmintari, D. (2021). Analisis Perilaku Manajemen Keuangan Generasi Milenial: Prespektif Literasi Keuangan, Literasi Ekonomi, Dan Kesadaran Digital. INOVASI, 17(1), 1-17.

Gutter, M. S., & Copur, Z. (2011). Effects of communication on risky financial behavior: A comparison of debit and credit consumers. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(2), 61-76.

John, D. R. (1999). Consumer socialization of children: A retrospective look at twenty-five years of research. Journal of Consumer Research, 26(3), 183-213.

Kholilah, A., & Iramani, M. (2013). Determinan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(2), 127-136.

Laily, A. (2016). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 7(1), 1-12.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy around the world: An overview. Journal of Pension Economics & Finance, 10(4), 497-508.

Primack, B. A., Shensa, A., Sidani, J. E., Whaite, E. O., Lin, L. Y., Rosen, D., ... & Miller, E. (2017). Social media use and perceived social isolation among young adults in the U.S. PLOS ONE, 12(8), e0182141.

Published
2023-01-22
How to Cite
Amri, N. F., Faridah, F., & Nur, I. (2023). DINAMIKA KOMUNIKASI DALAM MEMBENTUK PERILAKU MANAJEMEN KEUANGAN GENERASI MILENIAL. ORE: ournal of ommunication esearch, 1(1), 49 - 56. https://doi.org/10.47650/core.v1i1.982