https://journal.unpacti.ac.id/index.php/CORE/issue/feed CORE: Journal of Communication Research 2024-09-08T12:29:29+00:00 Nurdyansa nurdyansa@unpacti.ac.id Open Journal Systems <p>CORE: Journal of Communication Research&nbsp;diluncurkan pada tahun 2022 dan diterbitkan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pancasakti. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun yakni dibulan Januari dan Juli.</p> <p>CORE: Journal of Communication Research menerbitkan berbagai konsep atau ide tentang komunikasi seperti: komunikasi organisasi, studi media, teknologi komunikasi, komunikasi interpersonal, iklan, komunikasi antarbudaya, perencanaan komunikasi dan public relations. Tidak terbatas pada kajian komunikasi, jurnal ini juga mengakomodasi penelitian yang terkait dengan kajian organisasi public dan bisnis</p> https://journal.unpacti.ac.id/index.php/CORE/article/view/1376 ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP PENGGUNAAN MEME TIKUS BERKEPALA PUAN MAHARANI 2024-09-08T12:11:44+00:00 Reski Aripai reskiaripai67@gmail.com Nahrul Hayat nahrulhayat@iainpare.ac.id <p><em>Memes have become an inevitable digital cultural phenomenon on social media, serving not only as a source of entertainment but also as powerful communication tools. In the context of news, the use of memes provides not just additional visual elements but also the potential to influence public perception of the issues presented. This article proposes a semiotic analysis approach to understand how memes are utilized in news contexts. By considering the visual structure, iconography, and symbolism embedded within memes, semiotic analysis enables the uncovering of hidden meanings that reflect the social, political, and cultural contexts at the time of their creation. Through this study, the article aims to illustrate how memes can play a role in shaping public narratives and reflecting power dynamics and ideological conflicts within the realm of digital news.&nbsp; </em></p> 2024-07-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/CORE/article/view/1378 PERILAKU PENYEBARAN BERITA HOAX DAN HATE SPEECH DI KALANGAN MAHASISWA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM 2024-09-08T12:12:11+00:00 Madina Thulhidjah Mustamin thulhidjahmadina@gmail.com Mifda Hilmiyah mifdahilmiyah@iainpare.ac.id Nurdyansa Nurdyansa nurdyansa@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku penyebaran berita hoax dan hate speech di kalangan mahasiswa di media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dengan sepuluh mahasiswa dari berbagai universitas dan program studi untuk memahami pengalaman mereka terkait berita hoax dan hate speech, serta respons mereka terhadap fenomena tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berita hoax sering kali dipercayai dan disebarkan karena kurangnya literasi digital dan kecenderungan menelan informasi secara mentah-mentah. Hoax yang sering ditemui melibatkan informasi sensasional seperti berita kematian selebriti atau informasi kesehatan yang tidak benar, serta tentang hadits-hadits palsu. Mahasiswa cenderung merasa kesal dan frustasi ketika menemukan bahwa informasi tersebut adalah hoax, dan beberapa dari mereka melaporkan atau memberi tahu teman-teman mereka tentang kebenaran informasi tersebut. Di sisi lain, hate speech di Instagram menyebabkan dampak psikologis yang signifikan bagi korban, seperti rasa sakit hati, hilangnya kepercayaan diri, dan trauma. Motivasi utama di balik penyebaran hate speech adalah mencari perhatian, likes, dan viewers. Meskipun beberapa&nbsp;mahasiswa memilih untuk tidak peduli dengan hate speech, mereka tetap menyadari dampak negatifnya terhadap kesehatan mental dan suasana social. Untuk mengatasi masalah ini, disarankan adanya peningkatan literasi digital melalui pendidikan dan pelatihan, kampanye kesadaran, penguatan regulasi dan kebijakan, pengembangan teknologi deteksi hoax, dan penyediaan layanan dukungan bagi korban hate speech. Peningkatan literasi digital dan kesadaran tentang bahaya hoax dan hate speech diharapkan dapat mengurangi penyebaran informasi palsu dan ujaran kebencian, serta menciptakan lingkungan media sosial yang lebih aman dan sehat bagi mahasiswa.</p> 2024-07-25T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/CORE/article/view/1385 STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RUMAH MAKAN MBAK DAENG DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DIKALANGAN KONSUMEN POTENSIAL 2024-09-08T12:13:35+00:00 Donatus Susanto donatussusanto4@gmail.com Erniwati Erniwati ernifipo@gmail.com Fatma Fatma saharfatma@yahoo.com Abdul Halim abdulhalimlele@gmail.com <p>Berkembangnya industri kuliner di Indonesia, para pemasar di tantang untuk meningkatkan reputasi merek mereka. Reputasi merek sangat penting, seiring dengan banyaknya jumlah merek yang beredar di pasaran. Peningkatan reputasi merek dapat dilakukan dengan pemakaian berbagai media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah pendekatan yang melaporkan keadaan objek maupun subjek yang diteliti sesuai dengan apa adanya pada saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Mbak Daeng melakukan strategi komunikasi dengan memanfaatkan media sosial dan telah memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan penjualan. Hal ini dapat dibuktikan dengan tingkat kepuasan yang dimiliki oleh konsumen serta kesan yang diberikan oleh konsumen terkait dengan produk, tempat, harga, dan promosi yang dilakukan.</p> 2024-07-26T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/CORE/article/view/1442 SOCIAL CONSTRUCTION OF MASS MEDIA ON VOTER PREFERENCES IN THE 2024 GENERAL ELECTION 2024-09-08T12:14:29+00:00 Imam Mukti imammuckti@gmail.com <p><em>This research aims to explore in depth how mass media shapes voter preferences in the 2024 General Election in Indonesia. The method used in this research is qualitative with a case study approach. This study analyzes the social construction carried out by the mass media on political issues, candidates and political parties. Data was collected through in-depth interviews with voters and analysis of mass media content. The research results show that mass media has the power to shape voter preferences through framing , agenda setting , and priming . Mass media not only functions as a transmitter of information, but also as an agent of social construction that can influence voters' perceptions and decisions in determining their political choices.</em></p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/CORE/article/view/1431 PERAN KOMUNIKASI ORGANISASI PEMERINTAH OHOI DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN DI OHOI DIAN DARAT KABUPATEN MALUKU TENGGARA 2024-09-08T12:15:01+00:00 Susilawati Belekubun susibelekubun@gmail.com Muhamad Tamin Rumra susibelekubun@gmail.com Ratna Sari Tamher itsratna910@gmail.com Yelika Yudit Oraile susibelekubun@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengdeskripsikan Peran Komunikasi Organisasi Pemerintah Dalam Meningkatkan Pendidikan di Desa Dian Darat. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode kualitatif. Penelitain ini dilaksanakan di Desa Dian Darat Dalam meningkatkan pendidikan. Informan atau subjek penelitian sebanyak 7 informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi serta materi audio dan visual. Tahapan analisis data yang digunakan mengacu kepada model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu preduksian data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.Hasil penelitian menunjukan Pemerintah Desa Dian Darat telah melakukan peran komunikasi organisasi dalam meningkatkan pendidikan di Desa Dian Darat, dengan bebrapa program diantaranya: melakukan kerja sama dengan Tokoh agama dan pemuda yang ada dalam hal mengedukasi, memotivasi dan mensosialisasikan pentingnya pendidikan bagi setiap pelajar di Desa, adanya jam belajar yang dilakukan setiap jam 18.00-21.00 dengan memutarkan lagu belajar guna mengingatkan jam belajar, begitu juga penyediaan Wifi gratis untuk mendukung proses balajar mereka, dan yang terakhir adalah pengadaan bantuan berupa KIP untuk meringankan pembiayaan anak sekolah bagi anak kurang mampu di Desa Dian darat.</p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://journal.unpacti.ac.id/index.php/CORE/article/view/1503 ANALISIS PERBANDINGAN APLIKASI ZOOM CLOUD MEETINGS DAN MICROSOFT TEAMS DALAM PENERAPAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI JARAK JAUH 2024-09-08T12:29:29+00:00 Nurafni Shahnyb shahnybnurafni@gmail.com Firza Amalia firza@unpacti.ac.id Irfany Irfany Irfany@unpacti.ac.id <p><em>Penelitian bertujuan untuk menganalisis perbandingan penggunaan kedua aplikasi dalam konteks pembelajaran jarak jauh, terutama di tengah pandemi COVID-19 yang memaksa peralihan dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang melibatkan pengumpulan data primer melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta data sekunder dari literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik Zoom Cloud Meetings maupun Microsoft Teams memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam mendukung proses pembelajaran. Zoom Cloud Meetings menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam penggunaan, namun memiliki batasan waktu pada versi gratis dan ketergantungan pada kualitas jaringan internet. Di sisi lain, Microsoft Teams menyediakan integrasi yang lebih baik dengan alat-alat Microsoft lainnya dan mendukung kolaborasi dalam grup, tetapi juga menghadapi tantangan dalam hal penggunaan data dan aksesibilitas. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa kedua aplikasi tersebut sangat membantu dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh, dengan Microsoft Teams lebih direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang tanpa batasan waktu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan institusi pendidikan dalam memilih aplikasi yang tepat untuk mendukung proses pembelajaran daring yang efektif dan efisien</em></p> 2024-07-30T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##