Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Mandiri Berbasis Macromedia Flash Materi Koordinat Cartesius

  • Irfan Arsid Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: Media Pembelajaran, macromedia flash, koordinat kartesius

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis macromedia flash.Proses Pengembangan ini mengikuti model pengembangan Plomp, yaitu: (1) Fase Investigasi Awal (Preliminary Investigation Phase), mencakup kajian teori pendukung, analisis masalah pembelajaran, analisis kurikulum, analisis karakteristik siswa, dan analisis konsep,(2) FasePerancangan (Design Phase), pada fase ini dirancang media pembelajaran macromedia ,(3) Fase Realisasi/Konstruksi (Realization/Construction Phase), pada fase ini dilakukan penyusunan media berdasarkan rancangan pada fase perancangan, dan (4) Fase Tes, Evaluasi, dan Revisi (Test, Evaluation and Revision Phase), pada fase ini dilakukan dua kegiatan utama, yaitu: (a) Validasi media pembelajaran dan (b) Uji Coba.Hasil pengembangan media pembelajaran yang diperoleh yaitu (1) media pembelajaran telah memenuhi kriteria kevalidan (valid: 2,5 M<3,5) berdasarkan nilai rata-rata total validasi oleh dua orang validator terhadap media sebesar 3,42, (2) media pembelajaran yang dikembangkan sudah memenuhi kriteriake praktisan(terlaksana seluruhnya: 1,5 ≤ M ≤  2,0) berdasarkan nilai rata-rata total  aspek keterlaksanaan pembelajaran dari dua orang pengamat sebesar 1,54, (3) media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan efektif karena ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 87% telah memenuhi kriteria yang ditetapkan yaitu minimal 86% siswa, sebanyak 31 atau 86% siswa memiliki nilai di atas nilai minimal 75, aktivitas siswa dapat dikatakan ideal karena setiap kegiatan berada pada interval toleransi waktu yang diberikan, serta sebanyak 75% siswa memberikan respons positif terhadap media dan pelaksanaan pembelajaran.

 

References

Arsid, Irfan (2016) Pengembangan Desain Pembelajaran Mandiri Berbasis Soal Terbuka Dalam Pembelajaran Kalkulus Pada Prodi Pendidikan Matematika Universitas Negeri Makassar, eprint: Universitas Negeri Makassar.

Hamdan Husein Batubara. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Materi Operasi Bilangan Bulat: Muallimuna. vol. 1. no. 1: issn 2466-9703

Hendra Priana. (2018). Hasil UNBK SMP 2018: Rata-Rata Nilai Turun Kecuali Bahasa Inggris, diakses dari https://tirto.id/hasil-unbk-smp-2018-rata-rata-nilai-turun-kecuali-bahasa-inggris-cLiy/. Pada 20 Juli 2018

Khairani, M. d. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan , Vol. 10. No. 2; 95-102.

Masykur, Rubhan, dkk, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 8, No. 2: 177-186

Mustafa, Wijayanti Tri (2011). Pengertian Matematika. Jakarta: PT Gramedia

Rina Ayu. (2018). Kemendikbud: Secara Umum Terjadi Penurunan Rata-rata Nilai UN SMU dan SMK 2011, Diakses dari http://www.tribunnews.com/nasional/2018/05/08/kemendikbud-secara-umum-terjadi penurunan-rata-rata-nilai-un-smu-dan-smk-2018. Pada 20 Juli 2018

Safitri, M. dkk, (2013). Pengembangan media pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga menggunakan. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi,Vol. No. 2; 28–35.

Shanchez, Wendy B. 2013. Open-Ended Question and The Process Standard. Mathematics Teacher Vol. 107, No. 3 October 2013 (Online). NCTM.

Suherman, E.et al. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Published
2020-09-29