LEARNING OBSTACLE PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG LIMAS SEGITIGA SISWA KELAS V

  • Annisa Rahmadianti Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Universitas PGRI Palembang
Keywords: Ontogenic Obstacle, Didactical Obstacle, Epistemological Obstacle, Matematika SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan belajar yang dialami oleh siswa pada materi volume bangun ruang limas segitiga. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 7 Prabumulih dan guru kelas V. Metode penelitian ini adalah kualitatif. Jenis learning obstacle yang difokuskan pada penelitian ini adalah ontogenic obstacle, didactical obstacle dan epistemological obstacle. Identifikasi learning obstacle pada penelitian ini dapat dilihat dari tes diagnostik learning obstacle, hasil wawancara guru dan siswa, hasil analisis RPP dan bahan ajar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa terdapat hambatan belajar pada materi volume bangun ruang limas segitiga yaitu 1) Ontogenic obstacle, terkait kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika, kurang kesiapan dan kurangnya pengusaan konsep dasar materi, 2) Didactical obstacle, terkait perangkat pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran, 3) Epistemological obstacle, terkait siswa tidak memahami cara menentukan volume limas segitiga, siswa tidak memahami strategi penyelesaian soal, siswa tidak memahami menyelesaikan masalah dalam volume limas segitiga pada soal cerita.

References

Farah, R., & Budiyono, B. (2018). Pembelajaran Matematika Materi Geometri Di Sd Al Hikmah Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 254923.

Hermanto, R., & Santika, S. (2017). Eksplorasi epistemological dan didactical obstacle serta hypothetical learning trajectory pada pembelajaran konsep jarak. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 3(2), 115–128. https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i2.382

Hermawan, R. P., Nur’aeni, E., Lidinillah, D. A. M., & Apriani, I. F. (2021). Learning Obstacle Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Materi Keliling Persegi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 142. Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V5i1.52359

Karso. (2010). Materi Kurikuler Matematika SMA. Jakarta : Universitas Terbuka.

Khairani, Sofyan, Ramadhani D., & Sukirno. (2019). Hambatan Epistemological Siswa Dalam Pembelajaran Perkalian Bilangan Di Kelas II SD Negeri 10 Langsa Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jurnal Of Basic Edication Studies, 2(2).

Muthmainah, I. I., Fuadiah, N. F., & Fitriasari, P. (2021). Learning Obstacles pada Pembelajaran Pertidaksamaan Linier Satu Variabel pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 21–30. https://doi.org/10.30656/gauss.v4i2.3581

Prastiwi, A. A., Fuadiah, N. F., & Murjainah. (2022). Learning Obstacles Materi Hubungan Antar Garis Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar Info Artikel Abstrak. Jurnal Elementary Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasa, 5(2), 144–152. Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Elementary

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. Https://Doi.Org/10.24853/Fbc.6.1.1-8

Rohmah, S. K. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa Pada Materi Pecahan Kelas Iv Sekolah Dasar. Symmetry: Pasundan Journal Of Research In Mathematics Learning And Education, 2(1), 13–24.

Wandira, S. A., Sukardi, & Surmilasari, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V pada Pembelajaran Matematika di SD Negeri 216 Palembang. Journal On Teacher Education, 4(1), 180–189.

Published
2024-04-04