PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI WRITING TO LEARN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 SENDANA

  • Nursafitri Amin Universitas Sulawesi Barat
  • Selpi Selpi Universitas Sulawesi Barat
  • Rezki Amaliyah AR Universitas Sulawesi Barat
Keywords: Strategi Writing To Learn, Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Komunikasi Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi siswa dan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan strategi writing to learn lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan komunikasi siswa dan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan bentuk pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sendana tahun ajaran 2023/2024. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian angket dan pemberian tes. Dalam penelitian ini, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling berupa cluster random sampling. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analasis inferensial. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi siswa dan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan strategi pembelajaran writing to learn lebih tinggi dibandingkan  kemampuan komunikasi siswa dan pemahaman konsep matematika yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk analisis uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t (indpendent samples test) untuk menguji perbedaan statistik antara rata-rata dua kelompok, untuk pemahaman konsep matematika siswa hasilnya menolak H₀ dan menerima H₁ begitu pun dengan kemampuan komunikasi siswa yang hasilnya menolak H₀ dan menerima H₁.

References

Ahmad, T. S. R. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Kelas XII Mipa di SMA Negeri 1 Bone. universitas negeri makassar. http://eprints.unm.ac.id/14051/1/SKRIPSI.pdf

Hariyanto. (2017). Penerapan Model Core Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Gammath, 2(1), 11–19.

Rahma, N. ade. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa melalui Strategi Think Talk Write (TTW) Dengan Model Discovery Learning di Madrasah Tsanawiyah Tarbiyah Islamiyah Batubelah Kecamatan Kampar. https://respository.uiin-suska.ac.id/2037/1/2012_201267.pdf

Ranti, M. G. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Strategi Writing To Learn Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 96–102. http://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/view/6

Sintiawati, R., Sinaga, P., & Karim, S. (2021). Strategi Writing to Learn pada Pembelajaran IPA SMP untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Materi Tata Surya. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 1–10. https://ejounal.uin-suska.ac.id/index.php/JNS/article/download/9857/6282

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Sugiyono (ed.); 25th ed.). Alfabeta.

Published
2024-04-12