ANALISIS PEMAHAMAN MATEMATIS KONSEP INTEGRAL SISWA/SISWI KELAS XII MIPA 7 SMAN 13 MEDAN

  • Ramawati Ramawati Universitas Muslim Nusantara AL Wasliyah
  • Sherly Aprillia Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Dela Puspita Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Siti Anggraini Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan
  • Desniarti Desniarti Universitas Muslim Nusantara AL Wasliyah
Keywords: Pemahaman matematis,, integral, kemampuan

Abstract

Integral merupakan invers atau kebalikan dari diferensial. Dalam arti lain, integral adalah antiturunan dari proses hitung diferensial. Jika dalam diferensial kita terlebih dahulu mengetahui pernyataan kemudian mencari turunan, maka dalam integral kita mengetahui turunan terlebih dahulu untuk mencari pernyataan.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman matematis siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMAN 13 MEDANĀ  kelas XII MIPA 7 pada materi Integral. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII salah satu SMA Negeri di kota Medan.yang berjumlah dua orang laki-laki. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi kasus dengan menganalisis jawaban siswa dan hasil wawancara. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman matematis dan lembar wawancara. Tes digunakan untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam tentang kemampuan pemahaman matematis siswa, sedangkan wawancara digunakan untuk mengecek jawaban terhadap soal yang telah dikerjakan oleh siswa. Hasil yang diperoleh adalah siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi dengan persentase 80%, sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang dengan persentase 15%. Dengan kata lain, siswa yang berkemampuan tinggi memiliki kemampuan pemahaman matematis tinggi sedangkan siswa berkemampuan sedang memiliki kemampuan pemahaman matematis sedang.

References

Basuni, m. r. (2023). kemampuan komunikasi matematis siswa pada model pembelajaran contextual teaching learning (ctl) berbasis etnomatimatika. jurnal intergal, 14.

Hartini, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kalkulus Integral dengan Strategi Small Group Discussion. DISKUSI PANEL NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 2019, 351-360.

Karim, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Analisa, 24-32.

Kurniasi, E. R. (2019). Pengembangan Pembelajaran Derill and pratice berbantu video mata kuliah kalkulus integral. jurnal program studi pendidikan matematika, 8, 448-456.

nuraeni. (2018). analisis kemampuan pemhaman matematis dan tingkat kepercayaan diripada siswa MTs. jurnal pembelajaran matematika inovatif, 1.

Nurdiyana, R. A. (2002). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP ditinjau dari minat belajar. Jurnal pendidikan matematika, 06, 20735-20748.

Nursadah. (2008). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa SMP pada materi segiempat dan segitiga. jurnal numeracy, 5, 1-9.

Rihi, F. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau Berdasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2, 69-76.

susilo, c. y. (2023). Kemampuan pemecahan masalah pesertsa didik smk kelas x pada materi statika ditinjau dari gaya belajar. jurnal pendidikan matematika, 4.

Vihi, F. (2021). Analis Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta didik SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus Ditinjau bardasarkan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 2, 69-76.

Published
2024-04-04