PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN PEMODELAN MATEMATIKA DALAM SOAL CERITA PESERTA DIDIK

  • Nurlina Nurlina Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • Rahmawati Rahmawati Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros
  • A. Muhajir Nasir Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muslim Maros https://orcid.org/0000-0002-1626-0646
Keywords: Think Talk Write, Kemampuan Pemodelan Matematika, Soal Cerita

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan pemodelan matematika dalam soal cerita peserta didik kelas VIII SMPS Al-Ihsan Lekopancing. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan Desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling. Dalam penelitian ini sampel yang dipilih adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data yang digunakan terdiri dari lembar observasi dan tes hasil belajar peserta didik yang telah divalidasi oleh ahli. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen 0,84 dengan kategori tinggi sedangkan rata-rata hasil N-Gain kelas kontrol 0,57 dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis uji hipotesis diperoleh nilai Sig. (2- tailed) = 0,000 < 1/2 α = 0,0025 hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan pemodelan matematika dalam soal cerita peserta didik kelas VIII SMPS Al-Ihsan Lekopancing.

References

Gunawan, A. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V SDN 59 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 1-10

Indriani, M. N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Think-Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Rembang Pada Materi Bilangan Pecahan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi tidak dipublikasikan, Semarang: Program Sarjana Universitas Islam Negeri Wali Songo.

Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. JIV, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.21009/JIV.0801.2

Majdi, M. K., & Subali, B. (2018). Peningkatan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA melalui Model Quantum learning One Day One Question Berbasis Daily Life Science Question. Unnes Physics Education Jurnal, 7(1), 81-90. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/22479/10659

Pandiangan, L. V., & Zulkarnaen, R. (2021). Keterkaitan Pemodelan Matematis Dalam Penyelesaian Soal Cerita. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 559-570.

Pratama, V. K. O. (2013). Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) Dengan Pendekatan Open – Ended pada materi pecahan. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Nusantara PGRI Kediri, Surabaya, 01 Juni 2013.

Rezky, A., Rahmawati, R., & A. Muhajir, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Information and Communication Technology (ICT) terhadap Hasil Belajar Geometri Peserta Didik Kelas X SMK Kebangsaan Indonesia Maros. Equals: Juenal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 101-112.

Published
2024-04-12