DESKRIPSI METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA PADA MATERI SPLDV KELAS VII SMP NEGERI 2 TAKALAR
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari pola asuh orang tua. Subjek yang dideskripsikan pada penelitian ini terdiri dari 4 siswa yang masing-masing merupakan pola asuh orangtua tipe authoritative, authoritarian, permissive, dan rejecting/neglecting. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian 1 tes pemecahan masalah dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi sumber dan waktu. Berdasarkan hasil pemberian tes dan wawancara diperoleh kesimpulan: (1) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe authoritative adalah keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi, keterampilan monitoring, dan keterampilan evaluasi; (2) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe authoritarian dan tipe permissive adalah keterampilan perencanaan, keterampilan prediksi, dan keterampilan monitoring; (3) Keterampilan Metakognisi subjek berpola asuh orangtua tipe permissive adalah keterampilan perencanaan dan keterampilan prediksi.
References
Anggo, Mustamin. Salam, Moammad. Suhar & Yulsi, Sanri. Strategi Metakognisi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan matematika. Vol. 5 No. 1. PMIPA FKIP UHO.
Arsyad, Nurdin. 2016. Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif. Makassar: Pustaka Refleksi.
Baumrind, D. 1991. The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Subtance Use. Journal of Early Adolescent, 11(1), 56-95.
Beck, Joan. 1992. Asih, Asah, Asuh, Mengasuh dan Mendidik Anak agar Cerdas. Semarang: Dahara Prize.
Bety, Bea Septiari. 2012. Mencetak Balita Cerdas dan Pola Asuh Orang Tua. Yogyakarta. Nuha Medika.
Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Desoete, Annemie. 2008. Multi-method assessment of metacognitive skills in elementary school children: how you test is what you get. Metacognition Learning. Department of experimental clinical and health psychology, Ghent University.
Rita, Eka I., Partini S, Siti., Yulia A., Purwandari, Hiryanto & Rosita, E. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA; Universitas Pendidikan Indonesia.
Zarbakhsh, M., Hassanzadeh, S., Abolghasemi, S., Dinani, P. T. 2012. Relationship between Perceived Parenting Styles and Critical Thinking with Cognitive Learning Styles. Journal of Basic and Applied Scientific Research. Vol. 2(10): 10007-10011.