PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MATERI PERSAMAAN LINGKARAN

  • Anis Hilda Intani Universitras Islam Lamongan
  • Rahma Febriyanti Universitas Islam Lamongan
  • Rayinda Aseti Prafianti Universitas Islam Lamongan
Keywords: Discovery Learning, Mathematical Critical Thinking, Circle Equation

Abstract

Proses berpikir kritis matematis siswa masih rendah seperti siswa cenderung menghafal materi dan rumus daripada memahami konsep serta kesulitan menyelesaikan masalah yang membutuhkan analisis dan strategi. Sehingga, perlu ditemukan solusi dengan menerapkan model yang berpusat pada siswa yaitu model pembelajaran Discovery Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMK pada pokok bahasan persamaan lingkaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yang dilakukan pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lamongan, dengan sampel sebanyak 69 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi dan tes. Data diuji dengan menggunakan n-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan perlakuan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Selain itu, berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig (2-tailed) kurang dari 0,05 (0,000<0,05) maka diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa.

References

Achmad, Asmar. 2020. Modul Pembelajaran SMA Matematika Peminatan Lingkaran Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Darmawan, D., dan Dinn W. 2018. Model Pembelajaran di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dhianti, Leny, dkk. 2017. "Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Confidence Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur". JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat). Vol. 10 (2): hal. 157-168.

Edi, Sarwo dan Rosnawati, Raden. 2021. "Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning". JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). Vol. 5 (2): hal. 234–246.

Fi’liyah, Rusdiana. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di MI Sabilil Khoir Porong-Sidoarjo. Skripsi. Malang: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Jupri, Al. 2018. "Peran Teknologi dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik". Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. hal. 303-314.

Maemunah, Siti. 2019. Pemecahan Masalah Matematis Nonrutin pada Topik Lingkaran SMA: Studi Transposisional. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Meidinda, Frisca, dkk. 2018. "Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VIII". Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1: hal. 418-429.

Novitasari, Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Students’ Worksheet Effectivity Ethnomathematics-Based with STEM Approach to Critical Thinking Ability. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 57–66.

Prameswari, Salvina Wahyu, dkk. 2018. "Inculcate Critical Thinking Skills In Primary Schools". Social, Humanities, and Education Studies (SHES): Conference Series. Vol (1): hal. 742–750.

Puspitasari, Yesi dan Nurhayati, Siti. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. hal. 91–106.

Putri, Anike. 2018. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Smp Kelas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol. 2 (4): hal. 793-801.

Putri, Fajrina, dkk. 2018. "Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika menggunakan Teori Apos". Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2 (1): hal. 1–11.

Rachmantika, Arfika Riestyan dan Wardono. 2019. "Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah". PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Vol. 2: hal. 439–443.

Radiatunisa. 2021. Pengaruh Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII di Dusun Karang Kebon Barat. Skripsi. Mataram: Jurusan Pendidikan IPA Biologi Universitas Islam Negeri Mataram.

Rizqiyani, R. 2017. Desain Didaktis Persamaan Lingkaran dan Garis Singgung Lingkaran untuk Siswa SMA Berdasarkan Learning Obstacle.

Rohaumah, Cicik. 2018. "Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika". Jurnal Gammath. Vol. 3 (1): hal. 28-37.

Saputra, Hardika. 2020. Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. hal. 1–7.

Sofri, Dimas, dkk. 2020. "Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom". Seminar Nasional Pascasarjana. hal. 323-328.

Published
2024-04-04