ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER MATA PELAJARAN MATEMATIKA SMP NEGERI 6 PRAYA TIMUR

  • Baiq Daniartya Masullah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Lalu Hamdan Zuhry SMP Negeri 6 Praya Timur
  • Lalu Hamdy Usman SMP Negeri Satu Atap Lantan
  • Lalu Muhammad Gilang Maulana Politeknik Parawisata Lombok
Keywords: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda

Abstract

Soal merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian analisis butir soal ini bertujuan untuk mengetahui kualitas dari butir soal ujian akhir semester mata pelajaran matematika  kelas VII SMP Negeri 6 Praya Timur. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan wawancara degan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Praya Timur tahun pelajaran 2022/2023, sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP yang terdiri dari 90 siswa. Soal ujian akhir semester mata pelajaran matematika terdiri dari 30 butir soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan kulitas soal masih kurang baik karena tidak sesuai dengan soal standar, maka perlu untuk diperbaiki. Hasil uji validitas soal didapatkan 5 butir soal valid dan 25 butir soal tidak valid, reabilitas soal termasuk kategori rendah, untuk tingkat kesukaran terdapat 2 butir soal kategori sukar, 11 butir soal kategori sedang, dan 17 butir soal kategori mudah, sedangkan untuk daya pembeda terdapat 2 butir soal kategori dan 25 butir soal kategori lemah.

References

Amiruddin, K., Mania, S., Ichiana, N. N., & Farham Majid, A. (2020). Analysis of Final School Examination Questions for Mathematics Subjects. Alauddin Journal of Mathematics Education Journal Homepage, 2(2), 207–217. Diambil dari http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/ajme

Arikunto, S., & Cepi Abdul Jabar, S. (2009). buku cepi - Copy.pdf.

Balau, M., Pesik, A., & Damai, I. W. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Buatan Guru Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri Satap Matabulu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. MARISEKOLA: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.53682/marisekola.v2i1.1112

Bichi, A. A., & Talib, R. (2018). Item Response Theory: An Introduction to Latent Trait Models to Test and Item Development. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(2), 142. https://doi.org/10.11591/ijere.v7i2.12900

Endah, Z., Nisa, K., & Hidayati, K. (2023). ANALISIS BUTIR SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER MATEMATIKA Universitas Negeri Yogyakarta , Yogyakarta , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Pembelajaran merupakan kegiatan inti yang dilaksanakan dalam sebuah lembaga pendidikan , khususnya pada lembaga for, 12(3), 3516–3529.

Gregory, R. J. (2014). Psychological testing: History, principles and applications seventh edition. Pearson Education.

Halik, A. S., Mania, S., & Nur, F. (2019). Analysis of Grain Problems of School Final Exams (Sfe) Mathematics Study At 2015/2016 Academic Year Middle School 36 Makassar. Journal of Islamic Education, 1(1), 11–17.

Hamimi, L., Zamharirah, R., & Rusydy, R. (2020). Analisis Butir Soal Ujian Matematika Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2017/2018. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.459

Hanna, W. F., & Retnawati, H. (2022). Analisis Kualitas Butir Soal Matematika Menggunakan Model Rasch Dengan Bantuan Software Quest. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11 i4.5908

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pep.v22i 1.15609

Iskandar, Akbar, & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12–23. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Khasanah, I., Fuady, A., & Sunismi. (2023). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Bentuk Pilihan Ganda. Mathema Journal, 5(2), 110–125.

Maryanes, F., Fitriati, & Salmina, M. (2018). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Kelas Vii Smp Negeri 8 Banda Aceh. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 576–580.

Megantara, I. P. A. G., Sugita, G., & Anggraini. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together ( Nht ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sejajar Dipotong Oleh Garis Lain. Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 04(02), 12.

Muluki, A., Bundu, P., & Sukmawati, I. (2018). Analisis Kualitas Butir Tes Semester Ganjil Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Radhiatul Adawiyah. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1. 23335

Ramadhan, S., Sumiharsono, R., Mardapi, D., & Prasetyo, Z. K. (2020). The quality of test instruments constructed by teachers in bima regency, Indonesia: Document analysis. International Journal of Instruction, 13(2), 507–518. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13235a

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Aljabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2).

Yoshita Cahyaningrum, I., Fuady, A., & Islam Malang, U. (2023). Analisis Butir Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika Kelas VII dengan Berbantuan Aplikasi Software Anates. Mathema Journal, 5(2), 67–81.

Yusuf, R. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Nasional Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. Journal of Didactic Mathematics, 1(3), 158–164. https://doi.org/https://doi.org/10.34007/jdm.v1i3. 417

Published
2024-09-07