Efektivitas Penerapan Model Kooperatif Tipe Numbered Heds Together (NHT) Dalam Pembelajaran Matematika Siswa

  • Asmaul Husnah Universitas Pancasakti Makassar
Keywords: efektivitas, model pembelajaran Kooperatif tipe NHT, pembelajaran matematika

Abstract

Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam Pembelajaran Matematika Siswa. Asmaul Husnah Amri. Makassar. 2019.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VII2 SMP Negeri 3 Tanasitolo Kabupaten Wajo yang ditinjau dari (1) ketuntasan belajar siswa, (2) aktivitas siswa dalam proses pembelajaran, (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan (4) respon positif siswa terhadap pembelajaran. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika, observasi aktivitas siswa dan guru dan angket untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran Hasil yang diperoleh adalah sebagai berikut: (1) Hasil belajar siswa yaitu dari 16 orang siswa sebagai subjek penelitian terdapat 15 (93,75%) yang tuntas dan 1 (6,25%) yang tidak tuntas secara perorangan, (2) Aktivitas siswa yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dari keseluruhan aspek yang diamati, sebagian besar telah terlaksana, (3) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) secara umum berada pada kategori sangat baik, (4) Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam pembelajaran matematika  pada umumnya memberikan tanggapan positif. Berdasarkan hasil penelitian maka model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa.

References

Hamzah & Nurdin. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Lisna. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas VII4 SMP Negeri 4 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Setyosari Punaji. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana syaodih. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar

Syafrullah. 2012. Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Camba Kabupaten Maros. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Tim Kreasi Bahasa. 2005. Kamus Bahasa Indonesia: Kreasi Media.

Tiro, Muhammad Arif. 2007. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Publisher.

Published
2020-09-29