KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VII UPTD SMP NEGERI 4 PAREPARE
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex Post Facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII. 4 UPTD SMP Negeri 4 Parepare yang berjumlah 26 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar tes uraian sebanyak 3 nomor pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) untuk mengetahui kemampuan HOTS dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil analisis deskriptif siswa kelas VII UPTD SMP Negeri 4 Parepare sebanyak 26 responden dimana Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis siswa berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 70,91 dan standar deviasi sebesar 9,04
References
Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., & Miarsyah, M. (2019). Environmental Learning based on Higher Order Thinking Skills: A Needs Assessment. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(1), 21.
Jiwandono, N. R. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Perangkat dan Hasil Evaluasi Pembelajaran Fonologi. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(1).
Kempirmase, F., Selfisina Ayal, C., & Ngilawajan, D. A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas XI SMA Negeri 10 Ambon. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pattimura, 1, 21–24.
Kurniawati, D., & Ekayanti, A. (2020). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(2), 107–114.
Nuraida, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1).
Pratiwi, N. P. W., Dewi, N. L. P. E. S., & Paramartha, A. A. G. Y. (2019). The Reflection of HOTS in EFL Teachers’ Summative Assessment. Journal of Education Research and Evaluation, 3(3), 127–133.
Safitri, H. A. (2018). Profil Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah HOTS Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(7).
Sari, R. M., Sumarmi, Astina, I. K., Utomo, D. H., & Ridhwan. (2019). Measuring students scientific learning perception and critical thinking skill using paper- based testing: School and gender differences. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(19), 132–149.
Suryani, T., & Haryadi, R. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII MTs Assalam Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika, 4(1).
Susilowati, Y., & Sumaji. (2020). Interseksi Berpikir Kritis Dengan High Order Thinking Skill (HOTS) Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Silogisme, 5(2).
Wibowo, D. C., Olenggius, J. D., & Susi, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2).
Widana, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH).