MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PACE BERBANTUAN QUIZIZZ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan model pembelajaran PACE. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan desain penelitian dari Kemmis & Mc. Tanggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B. MTs. Al-Qalam Teppo yang berjumlah 26 orang. Objek penelitian adalah meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran PACE. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (guru dan siswa), lembar angket respon siswa, lembar angket minat belajar siswa dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase minat belajar siswa pada siklus I sebesar 54% pada kategori cukup, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan dimana nilai persentase sebesar 77% dengan kategori tinggi. Selanjutnya tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus I rata-rata sebesar 65,34 berada pada kategori rendah dengan persentase ketuntasan hanya 42% dan selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan rata-rata menjadi 86,30 dengan kategori tinggi dengan persentase ketuntasan mencapai 92%. Selain itu, persentase respon siswa terhadap pembelajaran pada siklus I sebesar 75% pada kategori sedang, selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan dimana nilai persentase sebesar 84% dengan kategori baik. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PACE berbantuan media Quizizz dapat meningkatkan minat dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
References
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Fatmawati, F., & Murtafiah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene. Saintifik, 4(1), 63–73. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.145
Khusuma, D., Masykur, R., & Andriani, S. (2021). Model Pembelajaran Pace Dan Self Efficacy: Dampak Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 11(2), 121. https://doi.org/10.12928/admathedu.v11i2.22368
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Raharjo, J. F. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Aljabar dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pendekatan Saintifik Model PACE pada Mata Kuliah Struktur Aljabar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 135–144. https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1240
Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(1), 163. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275
Solikah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Quizizz terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teks Persuasif Kelas VIII di SMPN 5 Sidoarjo Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Bapala: Jurnal Mahasiswa UNESA, 7(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/34508
Suryana, A. (2015). Analisis Kemampuan Membaca Bukti Matematis Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Infinity Journal, 4(1), 84–95. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i1.74
Wardhani, I. S. (2015). Menumbuhkan Tindak Pikir Kreatif Melalui Model Pembelajaran Pace. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 1(1), 31–45. https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.192
Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh Aplikasi Quizizz Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 7(3), 915–921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286
Yusuf, M. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. In D. Ilham (Ed.), Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo. Kampus IAIN PALOPO.