EFEKTIVITAS BUKU AJAR KALKULUS DERIVATIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA

  • Muhammad Taqwa Universitas Khairun
Keywords: Buku Ajar, Kalkulus, Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar yang valid dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yaitu pengembangan buku ajar dengan model Plomp: (1) penyelidikan awal, (2) perancangan, (3) realisasi/konstruksi, (4) pengujian, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Andi Matappa. Instrumen penelitian: (1)lembar validasi buku ajar, (2) tes pemahaman konsep mahasiswa. Hasil penelitian.: (1) skor validitas isi dan reliabilitas buku ajar termasuk dalam kategori tinggi; (2) Ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa dengan rata2-rata ngain berada pada kategori medium. Buku Ajar kalkulus derivatif telah memenuhi kriteria valid, reliabel serta efektif dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa STKIP Andi Matappa

References

Bien, Y, I., Daniel, F., & Taneo, P, N, L. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kalkulus Integral Berbasis Maple Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 39–45.

Fitria, M., Arnawa, & M., L. (2014). Pengembangan Modul Aljabar Linear Elementer bernuansa Konstruktivisme berbantuan ICT. Jurnal Eksakta, 1(1), 34–42.

Fitriyani, Yani., Fauzi, I., & Sari, Mia, Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165–175.

Gregory, R. J. (2000). Psychological Testing: History, Principles and Applications. Allyn and Bacon.

Hake, Richard, R. (1999). Analyzing change/gain scores. Https://Web.Physics.Indiana.Edu/Sdi/AnalyzingChange-Gain.Pdf.

Harandi, S. R. (2015). Effects of E-learning on Students’ Motivation. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 18(1), 423–430.

Hardianto, D. (2012). Karakteristik Pendidik dan Peserta Didik dalam Pembelajaran Online. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2), 1–10.

Martuza, V. R. (1977). Applying norm-referenced and criterion-referenced measurement in education. Allyn and Bacon.

Masni, H. (2015). Strategi meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Dikdaya, 5(1), 34–45.

Muhktar. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung FMIPA Unila, 353–360.

Muttakin, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) yang Multikonsep pada Perkuliahan Konsep Kimia Unsur. Jurnal Edukasi Kimia, 2(1), 54–65.

Nakayama, M., Mutsuura, K., & Yamamoto, H. (2014). Impact of Learner’s Characteristics and Learning Behaviour on Learning Performance during a Fully Online Course. Electronic Journal of E-Learning, 12(4), 3941–408.

Neumann, D. L., Neumann, M. M., & Hood, M. (2011). Evaluating Computer-Based Simulations, Multimedia and Animations that help Integrate Blended Learning with Lectures in First Year Statistics. Australasian Journal of Educational Technology, 27(2), 274–289.

Nuranisa, R. A., Nu’man, M., & Arfinanti, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar dengan Model Group Invesigation dalam Memfasilitasi Pemahaman Konsep Matematika. Seminar Nasional Dan Pendidikan Matematika UNY, 697–704.

Prastii, Tri, D., Tresnaningsih, S., & Thaib, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis High OrderThingking Skills Pada Matakuliah Matematika di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan, 20(1), 40–52.

Ruslan. (2009). Validitas Isi. Bulettin Pabburitta, 10(6), 18–19.

Schunk, D. H., Meece, J. R., & Pintrich, P. R. (2014). Motivation in Education: Theory, Research, and Applications(4th Ed). Pearson.

Selvi, K. (2010). Motivating Factors in Online Courses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 819–824.

Taqwa, M. (2021). Validitas Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar Pada Matakuliah Kalkulus Lanjut Di Masa Pandemi Covid-19. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 340–353.

Taqwa, M. (2023). Validitas Buku Ajar Statistika Non Parametrik Dengan Software R untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika(Sesiomadika) 2022, 1–6.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019a). Pengembangan Buku Ajar Statistika Dengan Software R Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 122–140.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019b). Statistika dengan R. Deepublish.

Taqwa, M., & Taufik, A. (2019c). Pengembangan Buku Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman. SEMINAR NASIONAL FKIP Universitas Muslim Maros, 81–87.

Published
2024-03-29