METAANALISIS PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk merangkum hasil penelitian mengenai pengaruh model cooperative learning terhadap hasil belajar matematika siswa dengan mencari nilai effect size dari setiap artikel, tipe model cooperative learning yang memiliki effect size terbesar, dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa. Jumlah sampel sebanyak 30 artikel yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metaanalisis untuk menentukan besar effect size dan membandingkan rata-rata nilai effect size pada setiap artikel. Dari 30 artikel yang menjadi sampel, ditemukan sebesar 0,74 yang berarti bahwa penggunaan model cooperative learning pada 30 artikel sampel berpengaruh sebesar 27,04% terhadap hasil belajar matematika siswa. Tipe cooperative learning dengan effect size terbesar adalah tipe Make a Match dengan pengaruh sebesar 44,74%. Materi ajar yang menggunakan model cooperative learning dengan pengaruh terbesar adalah materi bilangan bulat. Selanjutnya, jenjang pendidikan yang menggunakan model cooperative learning yang menghasilkan pengaruh terbesar adalah pada jenjang SD/sederajat.
References
Agung, I. G. N. (2013). Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Jakarta: Rajawali pers.
Aini, S., Isnaniah. (2023). Kemandirian dan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing. Jurnal Basicedu, 7(3), 1466-1473. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5252.
Andini, M., & Barutu, F. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Online Mahasiswa: Pendidikan Matematika, 1(2), 65-79.
Anggraini, W. S., Herpratiwi, & Soraya, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, 4(2), 78-84.
Apriani, L., Turmuzi, M., & Karma, I. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas IV SD Negeri 1 Dasan Baru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2077-2082. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp. v7i4.908.
Arrasyid, H., Wapa, A., & Prati, D. M. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika di Kelas IV SD Gugus V Tegaldlimo. Jurnal Consilium (Education and Counseling Journal), 153-158.
Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128-136.
Ayu, G., & Gusmania, Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. PYTHAGORAS, 7(2), 49-55.
Br Depari, S.E., Mahulae, S., Sipayung, R., & Silaban, P.J. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 6(4), 1106-1112. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i4.8461.
Deutch, M. (1949). A Teory of Cooperation and Competition. Human Relations, 2, 129-152.
Djumingin, S. (2011). Strategi dan Aplikasi Model Pembelajaran Inovatif. Makassar: UNM.
Firdaus, A. M. (2024). Penerapan Model Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(1), 349-355.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (2003). Educational Research and Introduction 7th Ed. Boston: Pearson Educational Inc.
Glass, G. V., McGaw, B., Smith, M. L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. London: Sage Publications.
Gough, D., Oliver, S., & Thomas, J. (2012). Introducing Systemic Review. Tersedia di http://uk. Sagepub.com.
Gunawan, M. A. (2013). Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing.
Hartiningrum, E. S. N., & Ula, N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 79-86. DOI: https://doi.org/ 10.24256/jpmipa.v7i2.707.
Haruna, N. H., & Darwis, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 223-231.
Hirzi, R.H., Gazali, M., Hayati, N., Basirun., & Satriawan, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Siswa. TEACHER: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 2 (2), 215-221.
Islami, V. H., Soeprianto, H., & Prayitno, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 239-247.
Istiqomah, R., Arjudin, & Astria, F. P. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Ketangga Jeraeng Tahun Ajaran 2023/2024. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3257-3266.
Kartini, Turmuzi, M., & Saputra, H. H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 31 Woja. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2), 487-495. DOI: https://doi.org/ 10.29303/jipp.v7i2.681.
Komalasi, Kokom. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Kurniasih, I. & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesional Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
Kurniawati, K. R. A., Santosa, F. H., Bahri, S., Widiana, D. S., Nurlailah, & Maetik. (2021). Model Pembelajaran Cooperative terhadap Hasil Belajar Matematika. Jartika: Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 4(2), 279-290.
Masrikat, H. H., Sumarauw, S. J. A., Manurung, O., & Mangelep, N. O. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 4 Selaru. Journal on Education, 5(3), 9766-9773.
Muliandari, P. T. V. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 132-140.
Naibaho, A. J., Efendi, S., & Sidabalok, N. E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Prespektif Pendidikan, 16(2), 224-234. DOI: https://doi.org/ 10.31540/jpp.v16i2. 1954.
Nawawi, H. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nomor, R., Wenas, J. R., & Pangemanan, A. S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi SPLDV. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(4), 50-58.
Nourhasanah, F. Y., & Aslam. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5124-5129. DOI: https://doi.org/ 10.31004/basicedu. v6i3.3050.
Pangestu, C.B., & Kadir. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). ALGORITMA Journal of Mathematics Education (AJME), 1 (1), 54-62. DOI: http://dx.doi.org/10.15408/ajme.v1i1.11686.
Pitriani, N. N., Noviati, P. R., & Juanda, R. Y. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Media Corong Berhitung terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Di Sekolah Dasar. PI-MATH - Jurnal Pendidikan Matematika Sebelas April, 1(1), 1-10.
R, Anwar. (2005). Meta Analisis. Bandung: Fakultas Kedokteran UNPAD.
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. Jurnal SAP, 1(2), 115-124.
Rusmiati., Abbas, N., & Usman, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bilangan Pecahan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1345-1353. DOI: https://doi.org/ 10.31004/cendekia. v7i2. 2045.
Safiyana, S., Junarti, & Sujiran. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap Hasi l Belajar Matematika. J’THOMS (Journal of Technology Mathematics and Social Science), 1(2), 23-27.
Sandra, E., Theresia, M., & Nurbaiti. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. JIPDAS (Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar), 2(2), 22-28.
Seran, K. A., Sujadi, A. A., & Taufiq, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 33-40.
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning: Theory, Research dan Practive, diterjemahkan oleh Narulita Yusron dengan judul: Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Sutrisno, L. (2011). Ukuran Efektivitas. Pontianak Post: 4 Desember 2011, 2. (https://issuu.com/ptkpost/docs/0412201 1/2, diakses 03 Maret 2019).
Sutrisno, L., Kresnadi, H,. Kartono. (2007). Pengembangan Pembelajaran IPA SD. Pontianak: LPJJ PGSD
Thifal, R. F., Sujadi, A. A., & Arigiyati, T. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 175-184.
Thomas, E. J. (1975). Effects of Facilitative Role Interdependence on Group Functioning. Human Relations, 10, 347-366.
Wijaksono, A. S., Subarinah, S., Hikmah, N., & Azmi, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMP. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(2), 567-576.
Yunita, A., Juwita, R., & Kartika, S. E. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 23-34.