EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA MASJID AGUNG AL-MUNAWARAH BANJARBARU
Abstract
ABSTRAK
Matematika adalah salah satu cabang ilmu yang selalu mengalami perkembangan. Dalam pembelajaran sendiri matematika sering dikaitkan dengan masalah kehidupan sehari-hari. Sedangkan budaya sendiri lahir dari aktivitas dan kebiasaan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut membuat budaya memiliki keterkaitan dengan matematika dan menjadikan sebuah pembelajaran yang berfokus pada kedua aspek tersebut yang disebut dengan etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi konsep matematika yang ada pada Masjid Agung Al-Munawarah Banjarbaru dalam konteks yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Pengumpulan data menggunakan metode studi literatur, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data dilakukan dengan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini terdapat konsep matematika yang terkandung dalam Masjid Agung Al-Munawarah Banjarbaru yaitu konsep bangun datar, konsep bangun ruang, dan konsep transformasi. Konsep- konsep matematika yang terdapat pada Masjid Agung Al-Munawarah Banjarbaru tersebut dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan dan memahami konsep geometri melalui budaya lokal.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV Syakir Media Press.
Ajmain, A., Herna, H., & Masrura, S. I. (2020). Implementasi pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika. Sigma: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 45–54.
Andriono, R. (2021). Analisis peran etnomatematika dalam pembelajaran matematika. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).
Irsyad, M., Sujadi, A., & Setiana, D. S. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Asu. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11.
Kunang, I., Bito, G. S., & Wali, M. (2022). Konten Matematika Sekolah Dasar pada Alat dan Proses Pembuatan Kain Tenun Masyarakat Kedang di Pulau Lembata. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 224–231.
Lail, I. J., Wijayanti, D., & Kusmaryono, I. (2021). Eskplorasi Etnomatematika dan Filosofi Nilai-Nilai Islam Pada Masjid Agung Kauman Semarang. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 1(1), 16–25.
Muftiyah, S., & Sudihartinih, E. (2024). ETNOMATEMATIKA PADA ORNAMEN MASJID AGUNG KOTA SUKABUMI. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 92–108.
Murdiyanto, E. (2020). Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi disertai contoh proposal). LP2PM UPN Veteran Yogyakarta Press.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.
Purwati, P., Taha, I., Bakar, M. T., Lanani, K., & Malik, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Rohmah, A. N., Masturoh, S., & Rauv, M. (2022). Kebhinekaan dan keberagaman (integrasi agama di tengah pluralitas). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9), 2945–2956.
Saviraningrum, W., & Wahidin, W. (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 4(2), 748–763.
Syakhrani, A. W., & Islami, A. R. (2022). Islam di Tanah Banjar. Cross-border, 5(1), 792–802.
Wahyuni, S. A. B., Afghohani, A., & Wulandari, A. A. (2024). Etnomatematika: Eksplorasi Geometris pada Desain Bangunan Masjid Agung Surakarta. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 873–882.
Wildan, D. A., Suningsih, S., Ardianto, D., & Arifin, M. Z. (2024). Efektivitas penggunaan etnomatematika terhadap peningkatan pemahaman matematis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 5(3), 456–463.