PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA LUMIO BY SMART

  • Novita Nurmaulidiyah Universitas Siliwangi
  • Vepi Apiati Universitas Siliwangi
  • Elis Nurhayati Universitas Siliwangi
Keywords: Kemampuan Numerasi Matematis, Lumio by Smart, Problem Based Learning

Abstract

Kemampuan numerasi matematis mencakup kemampuan untuk memahami, menerapkan, dan mengkomunikasikan matematika dengan efektif kepada orang lain, serta kemampuan untuk menggunakan konsep bilangan dan operasi hitung dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Lumio by Smart dapat meningkatkan kemampuan numerasi matematis. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan desain one grup pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 124 siswa dari kelas X SMK Sariwangi, dan sampel yang digunakan adalah siswa kelas X TKJ A. Teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling. Studi ini menggunakan soal untuk menguji kemampuan numerasi matematis. Analisis data menggunakan statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan numerasi matematis siswa yang menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media Lumio by Smart meningkat dengan kategori tinggi.

References

Alvionita, D. M., Rahayu, W., & El Hakim, L. (2022). Pengaruh Model Inquiry Based Learning Secara Daring terhadap Kemampuan Numerasi Ditinjau Dari Locus Of Control. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 1775. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5492

Gunawan, I., Amalia, R., Syaban, M., & Nurhayati, L. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa: Studi Meta Analisis. Jurnal Pendidik Indonesia, 3(2), 214–223.

Hidayati, N. (2019). Model Problem Based Learning Digital Mind Maps (PBLDMM) (S. Zubaidah, E. Suarsini, & H. Praherdhiono, Eds.; 1st ed.). Media Nusa Creative.

Inaroh, A., Faradiba, S. S., & Hasana, S. N. (2023). Pelevelan Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas VIII Berdasarkan Pengetahuan Metakognitif Pada Konten Bilangan. JP3, 18(2), 1–16.

Janah, S. W., Surani, D., & Fricticarani, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Presentasi Lumio By Smart Pada Mata Pelajaran Aplikasi Pengolah Angka Dalam Meningkatkan Pola Pikir Kritis Siswa di Kelas VII MTs Al-Khairiyah Pipitan. Journal on Education, 06(01), 8041–8047. http://jonedu.org/index.php/joe

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Maulyda, M. A. (2019). Paradigma Pembelajaran Matematika Berbasis NCTM (1st ed.). CV IRDH .

Mutmainah, A. L., Ruswana, A. M., & Solihah, S. (2023). Kemampuan Numerasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Dengan Pokok Bahasan Program Linear. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(1), 191–197.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami, Ed.; Vol. 2). ALFABETA, cv.

Taufik, A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Hots dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Media Kartu Soal Dalam Problem Based Learning. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 6(2), 106-119.

Wahab, A., Junaedi, & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845

Widyowati, A. P., Nursyahidah, F., Azizah, M., & Saraswati, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Menggunakan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik SD Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 4032–4044.

Winata, A., Widiyanti, I. S. R., & Cacik, S. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.24176/anargya.v3i1.4750

Published
2024-09-07