PERAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI ARITMETIKA SOSIAL TERHADAP KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN SISWA
Abstract
Salah satu cara untuk menanamkan keterampilan kewirausahaan adalah melalui kegiatan pembelajaran, termasuk dalam pembelajaran matematika pada materi aritmatika sosial. Untuk memperjelas hal ini, penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana pembelajaran matematika dengan fokus pada aritmatika sosial dapat berkontribusi pada pengembangan keterampilan kewirausahaan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menelaah buku, literatur, catatan, dan berbagai laporan terkait melalui sumber seperti Google Scholar, Research Gate, DOAJ, dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika, khususnya aritmatika sosial, dapat mengembangkan keterampilan kewirausahaan siswa melalui berbagai metode, model, atau media pembelajaran yang mempercepat pemahaman siswa. Aritmatika sosial juga dapat menumbuhkan karakter serta minat wirausaha sebagai bekal masa depan siswa.
References
Adi, F., Sumarwan, U., & Fahmi, I. (2018). Pengaruh Faktor Sikap, Norma Subjektif, Demografi, Sosioekonomi serta Literasi Keuangan Syariah dan Konvensional terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswa. Al-Muzara’ah, 5(1), 1–20. https://doi.org/10.29244/jam.5.1.1-20
Alifah, F., & Sutirna. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 892–898.
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik-Revisi ke X.
Asikin, M. N. (2023). Tingkat Wirausaha Indonesia Masih Rendah. JawaPos.Com. https://www.jawapos.com/ekonomi/01440794/tingkat-wirausaha-indonesia-masih-rendah
Deny, S. (2024). Mau Jadi Negara Maju, Rasio Wirausaha Indonesia Dibidik 3,95%. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5525169/mau-jadi-negara-maju-rasio-wirausaha-indonesia-dibidik-395
Dewi, R. M. (2022). Peran Matematika dalam Kehidupan Sosial Masyarakat. SCAFFOLDING Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 77-89.
Dwi Yusantika, F. (2021). Penanaman Jiwa Entrepreneur Pada Siswa SD di Era Revolusi Industri 4.0. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School JIEES, 2(1), 34–45.
Firmansyah. (2013, Agustus 21). Pentingnya Matematika dalam Kurikulum 2013.
Hasan, H. A. (2020). Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda. JURNAL PILAR: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, Volume 11(1), 99–111.
Meslita, R. (2023). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Wirausaha dalam Menumbuhkan Disposisi Matematis Siswa Sekolah Mengenah Kejuruan. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 96-109.
Mieshad, Z. (2014). Persamaan Model Pemikiran Al-Ghaza dan Abraham Maslow Tentang Model Motivasi Konsumsi. In Tesis UIN Sunan Ampel Surabaya.
Mila Vernia, D. (2019). Peranan Pembelajaran Matematika untuk Menumbuhkan Jiwa Berwirausaha SMK Kota Bekasi. Lectura: Jurnal Pendidikan, 47-65.
Mirzaqon, A. &. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1-8.
Mulyani. (2010). Bahan Pelatihan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bagsa. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.
Munawaroh, M., & Nia, V. L. (2021). Strategi Penanaman Jiwa Kewirausahaan pada Peserta Didik di SDN 02 Gumawang Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI 2021, 569–585.
Noviani, L., & Wahida, A. (2021). Pembelajaran Kewirausahaan di SMA Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 10(1), 15–22. https://doi.org/10.26740/jupe.v10n1.p15-22
P.R. Amalia., W. Y. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Multi Level Pada Materi Aritmetika Sosial Sekolah untuk Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan. UNNES Journal of Mathematics Education, 5.
Presiden RI. (2022). Perpres No 2 Tahun 2022 Tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional Tahun 2021-2024. Peraturan Presiden RI, 046171, 1–16. https://jdih.maritim.go.id/cfind/source/files/perpres/2022/perpres-2/salinan-perpres-nomor-2-tahun-2022.pdf
Selpyani, R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Modul Bilingual Bergambar Berbasis Kewirausahaan Pada Aritmetik Sosial. Journal of Mathematics Education and Science, 1-9.
Susilawati, &. Z. (2020). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Konstruktivisme Materi Program Linier. Inomatika, 136-146.
Turmuzi, M. R. (2022). Literature Riview : Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Menggunakan Model Evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Jurnal Basicedu, 7220-7232.
Ulya, H., & Istiandaru, A. (2016). Permainan Pasaran dalam Pembelajaran Matematika Materi Aritmetika Sosial untuk Menumbuhkan Karakter Kewirausahaan. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan 2016, 89.
Wrespati, T. (2018). Penyusunan Modul Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Siswa Bagi Guru SMA di Surabaya. Calyptra Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2243-2263.
Yulianingsih, M. (2022). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial melaui Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) Kelas 7.9 SMPN 3 Parungpanjang - Bogor. Jurnal Pendidikan Intelektium.
Zakaria, Z., Ganefri, G., & Yulastri, A. (2022). Pengembangan Jiwa Edupreneurship Siswa Melalui Kepemimpinan Yang Demokratis Di Sekolah. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 944–955. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.132