ANALISIS KUALITAS INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
Kemampuan komunikasi matematika merupakan kemampuan yang harus dikembangkan dalam pembelajaran. Salah satu strategi untuk mengembangkan kemampuan tersebut dibutuhkan suatu instrumen yang berkualitas maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas instrumen tes kemampuan komunikasi matematis siswa SMP ditinjau dari validitas, reliabilitas, indeks kesuakran dan daya pembeda menggunakan bantuan software SPSS versi 21 dan Microsoft excel. Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu Siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Yogyakarta. Sampel dipilih menggunakan teknik purpose sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa: (1) Kualitas instrumen tes kemampuan komunikasi matematis memenuhi 100% valid, (2) Reliabilitas instrumen tes kemampuan komunikasi matematis sebesar 0,870 dengan kategori tinggi, (3) Hasil analisis daya pembeda soal menunjukkan bahwa soal nomor 1, 2 dan 5 memiliki kriteria cukup, sedangkan soal nomor 3 dan 4 memiliki kriteria baik, (4) Hasil analisis indeks kesukaran menunjukan bahwa soal nomor 1, 3 dan 4 memiliki interprestasi sedang, sedangkan soal nomor 2 dan 5 memiliki interprestasi mudah.
References
Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory, Monterey, CA: Brooks/Cole, 1979. Google Scholar.
Argianti, A., & Retnawati, H. (2020). Characteristics of Math national-standardized school exam test items in junior high school: What must be considered? Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 24(2), 156–165. https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.32547
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan Validitas (1 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Griffin, P., & Care, E. (2015). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Methods and Approach. https://doi.org/10.1007/978-94-017-9395-7
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah, 27–44.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. (Anna, Ed.) (2 ed.). Bandung: PT. Refika Aditama.
Mardapi. (2017). Pengukuran, Penilaian dan evaluasi pendidikan (1 ed.). Yogyakarta: Nuha Medika.
Pramudita, K., Rosnawati, R., & Mam, S. (2019). Methods used by mathematics teachers in developing parallel multiple-choice test items in school. Research and Evaluation in Education, 5(1), 10–20. https://doi.org/10.21831/reid.v5i1.22219
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 13).
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometrian) (1 ed.). Yogyakarta: Parama Publishing.
Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sudrajat, S. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Kelas Viii Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Teorema Pythagoras. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(1), 186–199. https://doi.org/10.46306/lb.v3i1.112
Sumarmo, U. (2016). Pembelajaran Matematika untuk Mendukung Pelaksanaan Kurikulum Sekolah Menengah. Gorontalo: FMIPA, Universitas Negeri Gorontalo.
Sutama, S., Anif, S., Prayitno, H. J., Narimo, S., Fuadi, D., Sari, D. P., & Adnan, M. (2021). Metacognition of Junior High School Students in Mathematics Problem Solving Based on Cognitive Style. Asian Journal of University Education, 17(1), 134–144. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i1.12604
Wahyumiarti, W., Kusmayadi, T. A., & Riyadi, R. (2015). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Intelligence Quotient (Iq) Pada Siswa Sma Negeri 6 Surakarta. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 5(1), 72–82. https://doi.org/10.20961/jmme.v5i1.10014
Yusron, E., Retnawati, H., & Rafi, I. (2020). Bagaimana hasil penyetaraan paket tes USBN pada mata pelajaran matematika dengan teori respon butir? Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i1.31221