PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true experiment design yang dilakukan di SMA Terpadu Riyadlul’Ulum. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA reguler dengan sampel yang dipilih terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran ARCS, sedangkan kelas kontrol tidak diberikan perlakuan. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control design. Pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah yang terdiri dari 2 soal dengan skor maksimal pada tiap soal yaitu 10. Analisis data yang digunakan yaitu uji T (Independent Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang menggunakan model pembelajara ARCS lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen, sebanyak 17 peserta didik dengan persentase 53% berada pada kategori tinggi, 13 peserta didik dengan persentase 41% berada pada kategori sedang, dan 2 peserta didik dengan persentase 6% berada pada kategori rendah. Sedangkan pada kelas kontrol sebanyak 3 peserta didik dengan persentase 9% berada pada kategori tinggi, 16 peserta didik dengan persentase 50% berada pada kategori sedang, dan 13 peserta didik dengan persentase 41% berada pada kategori rendah. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARCS efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.
References
Asih, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Means End Analysis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 435–446. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.534
Haryati, E., & Warmi, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dengan Pembelajaran Daring. Jurnal On Education, 1(1), 1–7. http://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/50
Nurmeidina, R., Lazwardi, A., & Nugroho, A. G. (2021). Pengembangan Modul Trigonometri Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 15. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3375
Sari, A. W., & Afrini Rahmi. (2023). Perancangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Arcs (Attention, Relevance, Confidence, and Satisfaction) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Smp 31 Padang. INTEGRATIF: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.60041/integratif.v1i1.12
Simamora, L., Hernaeny, U., & Safitri, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(2), 245. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i2.6405
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif (Setiyawami (ed.); 2nd ed.). ALFABETA, cv.
Ulfah, & Arifudin, O. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom pada Pendidikan di Indonesia. Jurnal Al-Amar, 4(1), 13–22.
Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1), 201–208.
Widyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing, 04(02), 16–35.
Wijayanti, N. S., Maulana, M., & Isrok’atun, I. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik dalam Pendekatan Comprehensive Mathematics Instruction. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 55–64. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7610