IMPLEMENTASI ETNOMATEMATIKA BATIK SLEMAN SEMBADA MATERI KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN KELAS IX MOYUDAN, SLEMAN
Abstract
Adanya perkembangan globalisasi berdampak pada karakter peserta didik, salah satunya adalah menurunnya rasa nasionalisme. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa nasionalisme adalah dengan melestarikan budaya. Pelestarian budaya dalam lingkungan pendidikan dapat dilakukan dengan pengimplementasian budaya dalam pembelajaran matematika atau biasa disebut dengan etnomatematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan budaya Batik Sleman Sembada pada pembelajaran kesebangunan dan kekongruenan kelas IX SMP. Penelitian ini dilakukan pada kelompok belajar di Moyudan, Sleman. Selain itu, peneliti juga membuat rancangan pembelajaran dengan menggunakan Batik Sleman Sembada tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Berdasarkan hasil implementasi, Batik Sleman Sembada mempermudah peserta didik dalam memahami materi kesebangunan dan kekongruenan. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tes asesmen sumatif yang menjunjukkan bahwa dari lima orang terdapat 20% peserta didik yang mendapat nilai dalam rentang 70-79, 20% peserta didik berada di dalam rentang nilai 80-89, dan 60% peserta didik berada di dalam rentang nilai 90-100.
References
Akyas S, M., Putra, R. W. Y., & Anggoro, B. S. (2021). KESEBANGUNAN DAN KEKONGRUENAN.
Amalia, F., & Ulfatun Najicha, F. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membangun Karakter Bangsa. http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/
Arisman Nasution, A., & Suparni. (2024). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kipang Panyabungan Sebagai Makanan Khas Mandailing Natal. 1.
Azizah, A. N., & Putranto, S. (2023). Validitas Aplikasi Android dengan Pendekatan Kontekstual untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), 111. https://doi.org/10.24014/juring.v6i2.16240
Defriyati, D., Indah, A. P. N., Rustini, T., & Arifin, Muh. H. (2021). Menanamkan Sikap Mencintai Budaya Lokal Di Era Globalisasi Pada Anak Sd.
Diah Purnami Dewi, P., & Wayan Suniasih, N. (2022). Media Video Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika pada Muatan Materi Pengenalan Bangun Datar. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 156–166. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.44775
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Ermiana, I., Umar, U., & Handika, I. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Geogebra sebagai Media Pembelajaran Inovatif pada Calon Guru Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 163–170. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i3.3037
Hakim, L., Rizaldi Rahmanto, H., Purnama Kristanto, S., & Yusuf, D. (2023). Klasifikasi Citra Motif Batik Banyuwangi Menggunakan Convolutional Neural Network (Vol. 17, Issue 1). https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
Karimah, I., Aulia, T. S., & Pramesti, S. L. D. (n.d.). Implementasi Etnomatematika pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan dengan Menggunakan Permainan Tradisional dan Tempat Bersejarah.
Lya Diah Pramesti, S., & Rasmanto. (2021). Studi Etnomatematika: Matematika dalam Aktivitas Masyarakat Pesisir.
Marzatifa, L., Inayatillah, & Agustina, M. (2021). Ice Breaking: Implementasi, Manfaat dan Kendalanya untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MI/SD.
Muttaqin, A. I., Faishol, R., Sidon, B. A., & Humairoh, Y. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Semester Genap Di SMA Negeri Darussholah Singojuruh. International Journal of Educational Resources, 02.
Nida, Fajriah, N., & Kamaliyah. (2021). Pengembangan Masalah Matematis Bernuansa Etnomatematika Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas VIII. In Jurnal Mahasiswa Pendidikan Matematika) (Vol. 1, Issue 3). http://jtam.ulm.ac.id/index.php/jurmadikta
Novalia, Y., Juliandri Panjaitan, D., & Nurdalilah. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Aktivitas Belajar Matematika pada Pembelajaran Berbasis Masalah (Vol. 8, Issue 2).
Sawita, K., Salamah, S., & Ginting, B. (2022). Identifikasi Etnomatematika: Motif dalam Kain Songket Tenun Melayu Langkat Sumatera Utara. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2064–2074.
Shaufia, N., & Ranti, M. G. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa MTs Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Ulfa, K., & Rozalina, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Pada Materi Sistem Pencernaan Di SMP.
Verdianingsih, E. (2020). Strategi Mnemonic Dalam Pembelajaran Matematika.
Yusanto, Y. (2019). Ragam Pendekatan Penelitian Kualitatif. Journal of Scientific Communication, 1(1).